Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Bupati Jepara Mendadak Jadi Jagal Kerbau



Reporter:    /  @ 13:51:37  /  1 Juli 2017

    Print       Email

Bupati Jepara Ahmad Marzuki saat bersiap untuk menyembelih kerbau di rumah potong hewan. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Bupati Jepara Ahmad Marzuqi jadi jagal kerbau dadakan di Rumah Potong Hewan (RPH), Sabtu (1/7/2017). Ini dilakukannya untuk menyongsong perayaan Syawalan atau lomban yang akan diselenggarakan esok, Minggu (2/7/2017). 

Sebelum menjadi jagal Marzuqi bersama jajaran pemkab dan unsur muspika, mengikuti prosesi kirab kerbau. Acara itu dimulai dari Tempat Pelelangan Ikan Ujung Batu dan berakhir di RPH Jepara, Sabtu (1/7/2017) pagi tadi. 

Setibanya di RPH, bupati lantas mengeksekusi kerbau yang telah disiapkan. Adapun bagian kepala hewan tersebut rencananya akan dilarung di laut pada acara lomban. Sedangkan dagingnya akan dibagikan kepada warga.

Dalam sambutannya, ia mengatakan prosesi tersebut sebagai bentuk syukur masyarakat nelayan Jepara atas hasil laut yang diberikan Tuhan.

“Selain sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Allah, prosesi kirab kerbau dan larungan juga bermanfaat menggugah rasa senang bersedekah. Karena sedekah dapat menjadi penolak bala’ (malapetaka),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara Deni Hendarko mengatakan, kirab tersebut dimaksudkan satu di antaranya untuk menarik partisipasi masyarakat. 

Selain di Jepara, ia mengungkapkan, pesta Syawalan juga di gelar di Karimunjawa. “Adapula penyembelihan hewan, namun kita hanya membantu untuk menyediakan dua ekor kambing di pulau tersebut,” tutur Deni.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Nonton Karnaval, Bupati Grobogan Dibikin Kaget dengan Penampilan Kabag Pemdes

Selengkapnya →