Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Jalur Grobogan jadi Alternatif Pemudik Saat Lebaran



Reporter:    /  @ 17:00:27  /  26 Juni 2017

    Print       Email

Polisi tampak menyiapkan rambu lalu lintas di jalan Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Jumlah kendaraan yang melintas wilayah Grobogan diperkirakan bakal bertambah dalam momen Lebaran ini. Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab naiknya jumlah kendaraan, khususnya para pemudik tersebut.

Antara lain, makin mulusnya kondisi jalan utama yang statusnya milik Provinsi Jateng tersebut. Makin bagusnya kondisi jalan ini menyusul adanya banyak perbaikan yang dilakukan Pemprov Jateng maupun Pemkab Grobogan dalam beberapa tahun terakhir.

Di samping itu, melintasi jalur Grobogan dinilai lebih pendek dan mempersingkat waktu. Misalnya, dari arah Semarang menuju Surabaya atau sebaliknya dirasakan lebih cepat beberapa jam dibandingkan lewat jalur pantura atau jalur selatan.

“Sejak setahun terakhir, saya selalu lewat jalur tengah (Grobogan) dari Semarang menuju Surabaya. Selain lebih cepat juga hemat bahan bakar. Apalagi, sekarang jalannya sudah mulus,” kata Ariyono, sopir truk ekspedisi yang biasa mengirim barang ke Surabaya.

Selain itu, dipilihnya jalur Grobogan karena sangat strategis dan berada ditengah. Wilayah ini, punya banyak akses menuju kabupaten sekitar. Seperti, Semarang, Demak, Solo, Blora, Pati, Kudus, Boyolali, Salatiga dan Sragen.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa mengakui jika jalur tengah ini akan makin padat saat Lebaran. Untuk itu, sejak jauh hari, pihaknya sudah melakukan berbagai antisipasi untuk mengatasi meningkatnya kendaraan yang masuk wilayah Grobogan.

“Jalur Grobogan ini memang sangat strategis sehingga jadi pilihan jika jalur pantura dan selatan padat. Hal ini sudah kita antisipasi supaya para pemudik bisa lancar saat melintasi wilayah Grobogan,” tegasnya.

Selain menyiapkan banyak personel, upaya yang dilakukan untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran adalah memperbanyak pemasangan rambu bekerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan Grobogan. Dengan rambu ini diharapkan bisa memudahkan pemudik yang akan melintas menuju tempat tujuan.

Di samping itu, sebanyak delapan posko pengamanan (Pospam) juga disiapkan Polres Grobogan untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Lebaran. Pospam yang disiapkan tersebut tersebar di sejumlah titik di sepanjang jalur mudik dan balik.

Yakni, di Terminal Bus Purwodadi, Pasar Induk Purwodadi, Gubug, Godong, Wirosari, pertigaan Monggot Geyer, Simpanglima Purwodadi, dan Bundaran Getasrejo. Selain itu ada satu pos terpadu di depan kantor bus PO Zentrum di daerah Putat.

“Kelancaran arus dan keselamatan pemudik jadi piroritas kami. Kita berharap, dalam momen Lebaran semuanya berjalan lancar,” jelasnya. 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →