Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Bakar Jerami Sembarangan, Polisi dan Anggota Damkar Grobogan Dibikin Kalang-Kabut



Reporter:    /  @ 14:21:39  /  23 Juni 2017

    Print       Email

Tumpukan jerami yang dibakar sembarangan membuat sibuk petugas damkar dan polisi di jalan Godong-Karangrayung km 3 Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Gara-gara orang bakar jerami seenaknya sendiri, sejumlah personel polisi dan anggota Damkar Grobogan dibikin sibuk. Sebab asap dari jerami yang dibakar menutupi jalan raya sehingga mengganggu pandangan pengendara.

Informasi yang didapat menyebutkan, aksi pembakaran jerami terjadi di dua lokasi berbeda, Kamis (22/6/2017). Pertama di areal sawah di pinggir jalan Godong-Karangrayung km 3 yang terjadi sore sekitar pukul 15.00 WIB. Tumpukan jerami yang dibakar akhirnya bisa dipadamkan menjelang magrib.

Pada malam harinya sekitar pukul 20.00 WIB, aksi pembakaran jerami sisa panen berlangsung di pinggir jalan raya Purwodadi-Semarang. Tepatnya di Desa Putat, Kecamatan Purwodadi.

Adanya pembakaran jerami menyebabkan arus lalu lintas sempat tersendat. Soalnya, jalan raya tertutup asap tebal sehingga mengganggu pandangan pengendara motor maupun mobil. Jerami yang dibakar di pinggiran sawah ini akhirnya bisa dipadamkan menjelang tengah malam.

“Tumpukan jerami yang dibakar cukup tebal dan tinggi. Jadi, butuh waktu lama untuk memadamkan apinya,” Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa, Jumat (23/6/2017).

Terkait kejadian itu, Panji mengimbau kepada petani untuk bersikap hati-hati saat melangsungkan panen. Yakni, tidak menaruh hasil panen di bahu jalan karena mengganggu arus kendaraan.

Selain itu, petani juga diminta tidak membakar tumpukan jerami dekat dengan jalan raya. Sebab, jika ada angin berhembus, asap pembakaran bisa menutup jalan dan membahayakan pengendara yang melintas.

“Saya minta petani jangan bakar-bakar jerami di pinggir jalan. Sebaiknya ditaruh ditengah sawah yang jauh dari jalan kalau mau dibakar. Sebaiknya, kalau bakar jerami jangan langsung ditinggal begitu saja. Soalnya, apinya bisa menjalar ke lokasi lain,” imbuhnya.
Editor  : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Nonton Karnaval, Bupati Grobogan Dibikin Kaget dengan Penampilan Kabag Pemdes

Selengkapnya →