Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Gerindra Berharap Peserta Pilgub Jateng Hanya Diikuti 2 Pasangan Calon



   /  @ 13:40:54  /  23 Juni 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Jepara – Partai Gerindra Jawa Tengah berharap jumlah pasangan calon yang maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jateng hanya dua pasangan calon.

“Kami memang tidak berharap ada tiga pasangan calon. Jika hanya dua pasangan calon, tentunya peluang memenangkan Pilkada Jateng 2018 cukup terbuka,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah Abdul Wachid di Rumah Joglo, Margoyoso, Kalinyamatan, Jepara, Kamis (22/6/2017) petang.

Apalagi, lanjut dia, lawan yang akan dihadapi merupakan PDI Perjuangan yang merupakan partai besar yang memiliki kekuatan akar rumput yang memiliki loyalitas tinggi serta Jateng merupakan basis massa partai tersebut.

Selain itu, lanjut dia, partai tersebut juga memiliki jumlah kursi di DPRD Jateng cukup banyak, dibandingkan partai-partai lainnya.

Menurut dia, untuk bisa memenangkan Pilkada Jateng membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas.Untuk itu, lanjut dia, Partai Gerindra saat ini masih terus melakukan komunikasi politik dengan partai politik (parpol) lain untuk menjajaki koalisi dalam menghadapi pemilihan gubernur tahun 2018.

Hingga kini, lanjut dia, terdapat sejumlah parpol yang diajak komunikasi, seperti PKS, PAN, dan PKB. “Meskipun dengan partai tersebut sudah bisa mengusung pasangan calon karena syarat mengusung 20 persen kursi terpenuhi, kami tetap menjalin komunikasi dengan parpol lainnya,” ujarnya.

Sementara, jumlah kursi yang dimiliki Partai Gerindra di Jateng sebanyak 11 kursi, sedangkan partai lainnya yang didekati ada yang memiliki sembilan kursi, enam kursi serta 13 kursi.

Harapannya, kata Wachid, pasangan calon yang akan berkompetisi nantinya tidak banyak, cukup dua pasangan calon. Partai lain yang menjadi incaran untuk diajak bergabung, yakni Partai Golkar serta Partai Demokrat.

Sementara bakal calon yang dimunculkan oleh Partai Gerindra, yakni dirinya serta Sudirman Said.Dari kedua nama tersebut, katanya, akan dipilih salah satu yang dinilai memiliki elektabilitas tinggi.

“Pasangannya tentu menunggu hasil koalisi dengan parpol lainnya, termasuk penentuan pasangan calon yang kami usulkan apakah sebagai nomor satu atau nomor dua,” ujarnya.

Rencananya, kata dia, pasangan calon yang dimunculkan ketika sudah terbentuk koalisi ada dua pasangan calon. Kedua pasangan calon yang dimunculkan, akan diuji melalui survei guna mengetahui elektabilitas masing-masing pasangan calon.

Ia mengatakan, pasangan calon tersebut tidak mutlak, artinya masih bisa dibongkar pasang untuk mencari pasangan yang benar-benar cocok serta memiliki elektabilitas yang tinggi.

“Jika pasangan calon yang dimunculkan benar-benar kuat, kami optimistis bisa melawan pasangan calon yang diusung partai besar tersebut,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →