Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Pemohon SKTM untuk Daftar Sekolah Meningkat



Reporter:    /  @ 18:37:37  /  16 Juni 2017

    Print       Email

Suasana verifikasi PPDB online di SMAN I Jepara, beberapa saat lalu. Saat ini pemohon SKTM untuk daftar sekolah meningkat. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Permohonan pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) pada beberapa wilayah di Jepara meningkat. Hal itu seiring dengan masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) 2017, tengah bulan Juni ini. 

Perlu diketahui, pada PPDB tahun ini, siswa miskin diberi keistimewaan. Mereka diberi kuota sebanyak 20 persen. Hal itu diakui oleh Kades Langon, Kecamatan Tahunan Santoso. Menurutnnya, akhir-akhir ini memang ada peningkatan permohonan surat tersebut. Ia mencatat kini permintaannya mencapai puluhan pucuk surat keterangan. 

“Sekitar 20 jumlahnya, kalau hari ini saja sudah tiga sampai empat buah yang meminta surat tersebut ke Balai Desa Langon,” ujarnya Jumat, (16/6/2017).

Ia menuturkan, jumlah peminta SKTM pada bulan Juni, memang terjadi peningkatan jika dibandingkan bulan sebelumnya. Dirinya mengatakan, alasan pembuatan SKTM lebih didominasi mereka yang ingin mendaftar pada sekolah. 

Adapun jika akan membuat SKTM diperlukan syarat berupa surat pengantar dari pengurus RT. Dirinya berujar, selain itu pihaknya juga melihat latar belakang dari pemohon. ”Dilihat dulu apa memang rumahnya benar-benar tidak mampu, atau jika rumahnya bagus tapi pekerjaanya serabutan seperti tukang,” kata dia. 

Sementara, keadaan serupa juga terjadi pada Kelurahan Demaan, Kecamatan Jepara. Lurah Demaan Ali Mahmudi berujar ada peningkatan pemohon surat tersebut. ”Ada kenaikan permohonan, namun jumlahnya kami belum cek pastinya. Sekitar belasan lah,” ungkap Ali.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Taman di Jepara Tak Representatif

Selengkapnya →