Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ratusan Peralatan Pertanian Disalurkan ke Kelompok Tani di Grobogan



Reporter:    /  @ 23:37:49  /  14 Juni 2017

    Print       Email

Warga tampak berada di dekat bantuan alat pertanian dari Kementerian di Kabupaten Grobogan, Rabu. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Puluhan kelompok tani di Grobogan mendapat bantuan berupa peralatan pertanian. Rinciannya, 45 unit pompa air, 51 unit hand traktor, 5 unit traktor roda empat, 6 unit kultivator dan 58 handsprayer.

“Bantuan ini berasal dari Kementerian Pertanian. Penerimanya, ada kelompok tani, gabungan kelompok tani dan usaha jasa pelayanan alsitntan (Upja). Bantuan sudah kita serahkan minggu lalu,” kata Kabid Penyuluhan dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Grobogan Latifawati, Rabu (14/6/2017).
Dalam dua tahun sebelumnya, bantuan peralatan pertanian juga sudah banyak disalurkan untuk petani di Grobogan. Jenis bantuan yang diserahkan petani pada tahun 2016 dan 2015 relatif sama. Satu peralatan yang berbeda adalah transplanter atau mesin tanam.

Menurut Latifawati, pada tahun 2015 lalu, Grobogan dapat prestasi juara nasional dalam bidang upaya khusus ketahanan pangan. Atas prestasi ini, para petani mendapatkan banyak bantuan peralatan pertanian dari Kementerian Pertanian agar hasil panen bisa terus ditingkatkan. Seperti hand traktor, traktor roda empat, pompa air, dan mesin tanam padi.

“Selain itu, bantuan pembuatan sarana dan prasarana pertanian juga banyak kita dapat. Antara lain, pembangunan jaringan irigasi maupun jalan usaha pertanian. Dengan adanya bantuan ini kami minta para petani untuk membantu program pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan nasional. Caranya, dengan berupaya untuk terus meningkatkan produksi atau hasil panen,” tegasnya. 

Ditambahkan, adanya bantuan peralatan tersebut akan mempercepat pengolahan tanah buat persiapan musim tanam. Dengan demikian, waktu yang diperlukan untuk persiapan bisa lebih singkat dibandingkan dengan memakai alat pengolah sawah saat ini.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Besaran UMK Grobogan Tahun 2018 Diusulkan Naik Rp 125 Ribu

Selengkapnya →