Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Pencuri Kayu di Grobogan Ini Konangan Meski Kelabui Petugas



Reporter:    /  @ 17:00:02  /  13 Juni 2017

    Print       Email

Sebuah truk berisi belasan kayu dari kawasan hutan berhasil diamankan petugas di Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Dua pelaku yang ditengarai melakukan tindakan pencurian kayu di kawasan hutan berhasil diamankan petugas polisi hutan Perhutani KPH Semarang sekitar pukul 15.00 WIB. Kedua pelaku diketahui bernama Jumiran (52), warga Kecamatan Kedungjati dan Sumehadi (36), warga Kecamatan Wonosegoro, Boyolali.

Kedua orang itu diamankan saat petugas melakukan patroli di sekitar kawasan hutan di Desa Panimbo, Kecamatan Kedungjati. Saat itu, petugas sempat berpapasan dengan truk yang terlihat bermuatan banyak karung berisi arang kayu.

Meski demikian, petugas akhirnya menaruh curiga dan menghentikan truk tersebut. Setelah diperiksa lebih teliti, di bawah tumpukan karung berisi arang terdapat belasan batang kayu jati dan mahoni.

Saat ditanyakan dokumen kayu, keduanya tidak bisa menunjukkan. Akhirnya, kendaraan dan kedua orang itu digelandang ke Mapolsek Kedungjati untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolsek Kedungjati AKP Sapto saat dikonfirmasi membenarkan adanya informasi penangkapan dua pelaku yang kedapatan membawa hasil hutan tanpa dilengkapi dokumen sah. “Ada dua pelaku yang kita amankan. Saat ini, masih kita kembangkan lebih lanjut,” jelasnya, Selasa (13/6/2017).

Selain pelaku, sejumlah barang bukti juga ikut diamankan. Antara lain, satu unit truk Nopol AD 1473 ND, sepeda motor Nopol B 6138 UJG, dan gergaji kayu yang dipakai sebagai sarana pelaku.

Kemudian, barang bukti kayu juga berhasil diamankan. Yakni, 14 batang kayu jati dan 7 batang mahoni.

“Kayu ini ditaruh di bagian bawah. Sementara di atasnya ditimbun karung berisi arang kayu dan rumput supaya tidak terlihat dan untuk mengelabuhi petugas. Kayu tersebut didapat dari penebangan di kawasan hutan,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Eks Mucikari di Lokalisasi Dorokandang Diberikan Pendampingan

Selengkapnya →