Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

H-7 Lebaran Angkutan Barang Ekspor Tak Boleh Melintas di Jepara



Reporter:    /  @ 12:00:10  /  11 Juni 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Angkutan khusus ekspor tak boleh melintas jalan nasional di Jepara, menjelang dan paska Lebaran 1438 Hijriah. Hal itu diatur oleh Surat Keputusan Dirjen Perhubungan Darat, yang telah diterima Dinas Perhubungan (Disbub) Jepara akhir Mei lalu. 

Hal itu disampaikan oleh Kabid Perhubungan Darat Dishub Jepara Setyo Adhi. Ia mengatakan, SK tersebut bernomor SK.2717/. AD.201/DRDG/2017 tertanggal 31 Mei 2017. Dalam surat itu, mengatur tentang operasional angkutan barang jelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri yang diperkirkan jatuh pada tanggal 25 Juni 2017. 

Ia menjelaskan, pada H-7 dan H+7 Lebaran, mobil barang galian atau barang tambang dilarang melintas jalan nasional. Selanjutnya, pada H-4 hingga H+3 lebaran, angkutan barang umum dengan berat 14.000 atau sejenis mobil kontainer, kereta tempel, dan kereta gandeng dilarang melintas. Meskipun demikian masih ada pengecualian.

“Angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM), Bahan Bakar Gas, angkutan ternak, pos dan bahan pokok masih diperbolehkan melintas,” ucapnya. 

Setyo menyebut, pada tahun lalu angkutan seperti kontainer pengangkut barang-barang ekspor masih diperbolehkan melintas. Namun pada tahun 2017, angkutan tersebut sudah tak diperbolehkan melintas. 

Menurutnya, peraturan ini tidak hanya berlaku untuk wilayah Jepara namun juga untuk seluruh Jawa dan Sumatera. “Oleh karenanya, pihaknya akan menggelar pengawasan pada sejumlah titik,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Mulai Beralih Fungsi, Anggota Dewan Soroti Penggunaan GOR Simpanglima Purwodadi

Selengkapnya →