Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jumlah Penumpang Kapal ke Karimunjawa Merosot



Reporter:    /  @ 05:00:23  /  10 Juni 2017

    Print       Email

KMP Siginjai sedang bersandar di Dermaga Kartini. Saat ini, jumlah penumpang kapal menuju ke Karimunjawa merosot tajam. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Jepara – Awal Ramadan, jumlah pengguna kapal penumpang ke Pulau Karimunjawa menurun. Meskipun demikian, jadwal keberangkatan kapal penumpang masih tetap sama. 

Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara Suroto mengakui hal itu. Menurutnya, penurunan jumlah penumpang memang lazim terjadi pada awal hingga pertengahan Ramadan. 

“Pada hari Senin saja kapal cepat hanya membawa seratus penumpang, dari jumlah tempat duduk keseluruhan. Untuk tren penurunannya biasanya terjadi pada awal hingga pertengahan Ramadan, bisa sekitar 50 persen lebih,” ujarnya, Rabu, (7/6/2017). 

Ia menjelaskan, tren penurunan penumpang terjadi hingga pertengahan lebaran. Setelahnya, pengguna sarana penyeberangan laut diperkiranan naik mendekati hari raya. 

Meskipun demikian, lanjut Suroto, hal itu tidak memengaruhi distribusi logistik ke Karimunjawa. “Tidak berpengaruh pada jadwal pengiriman logistik, namun demikian permintaan logistik juga agak berkurang,” imbuhnya.

Terkait dengan lalu lintas pada masa lebaran pihaknya mengaku akan membuat posko di Pelabuhan Kartini. Sementara untuk frekuensi penyeberangan penumpang, Suroto mengatakan, akan melihat calon pemudik yang akan menggunakan jasa kapal cepat.

“Kalau calon penumpangnya banyak, ya nanti kita lihat dulu. Soal angkutan Lebaran, baru akan kita diskusikan,” jelas Suroto.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

DPC PDIP Kudus Buka Penjaringan Calon Bupati

Selengkapnya →