Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

GEGER, Ditemukan Benda Bersejarah Zaman Hindu di Desa Ngombak Grobogan



Reporter:    /  @ 18:00:21  /  9 Juni 2017

    Print       Email

Beginilah benda bersejarah di pinggiran Sungai Tuntang di Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Beberapa benda bersejarah dari batu muncul di pinggiran Sungai Tuntang di Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Grobogan. Benda yang diperkirakan dari zaman Hindu itu bentuknya seperti lingga yono. Ada juga batu yang bentuknya mirip sebuah arca.

Munculnya benda tersebut ramai dibicarakan sejak dua hari terakhir. Hal itu setelah foto munculnya benda-benda itu diunggah lewat akun medsos Komunitas Warga Kedungjati.

Kepala Desa Ngombak Kartini ketika dikonfirmasi membenarkan adanya benda dari batu yang terlihat di pinggiran Sungai Tuntang tersebut. Lokasinya berada di Dusun Methuk yang masuk kawasan hutan Perhutani dan cukup jauh dari perkampungan.

Dia menyatakan, benda-benda tersebut dinilai bukan baru muncul kali ini. Tetapi, sebelumnya memang sudah ditemukan warga.

Namun karena faktor alam, benda-benda itu sempat hilang karena longsor. Hal itu dimungkinkan lantaran letaknya di pinggiran sungai.

“Sekarang benda-benda ini muncul lagi. Bisa jadi, munculnya benda ini karena faktor alam. Tanah yang dulu longsor terkikis air sungai sehingga benda-benda bersejarah yang sempat tertutup bisa kelihatan lagi. Dulu, di lokasi situ juga banyak ditemukan batu bata yang ukurannya agak besar,” jelasnya.

Terkait munculnya lagi benda yang dinilai bersejarah tersebut, Kartini akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait. Harapannya, keberadaan benda itu bisa diselamatkan dan ditangani lebih lanjut.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto menyatakan, beberapa tahun lalu memang sudah ada penemuan benda dari batu di lokasi tersebut. “Saya sudah pernah kesana. Tempatnya di pinggiran sungai Tuntang di jalur menuju Salatiga. Rencananya, pekan depan kami akan memonitor kesana,” jelasnya.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →