Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Tinjau Lokasi, Bupati Sri Sumarni Minta Aktivitas Penambangan Galian C Ilegal Dihentikan



Reporter:    /  @ 12:00:02  /  8 Juni 2017

    Print       Email

Bupati Grobogan Sri Sumarni meninjau lokasi penggalian batu di Dusun Condrogeni, Desa Temurejo, Kecamatan Karangrayung bersama pejabat terkait dan jajaran Muspika. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta agar aktivitas penggalian batu di Dusun Condrogeni, Desa Temurejo, Kecamatan Karangrayung agar dihentikan sementara waktu. Hal itu ditegaskan saat Sri Sumarni melangsungkan kunjungan ke lokasi penambangan batu yang ditengarai illegal tersebut.

“Kemarin saya dengar ada seorang pekerja penambangan yang meninggal akibat tertimpa batu. Oleh sebab itu, aktivitas penambangan di sini harus dihentikan dulu biar tidak ada musibah lagi. Saya turut prihatin dengan musibah yang menimpa pekerja itu,” tegasnya.

Sri menjelaskan, semua jenis usaha penambangan galian C harus mempunyai izin usaha pertambangan (IUP). Selain itu, usaha penambangan juga harus mematuhi ketentuan perundang-undangan agar tidak merusak lingkungan hidup di sekitarnya. “Kami nanti akan ajak bicara warga dan tokoh masyarakat disini. Kami akan membahas dengan instansi terkait supaya galian C di sini bisa diproses jadi legal atau berizin. Jika dilakukan secara liar, pemkab berhak menghentikan kegiatan dan menutup usaha tersebut,” ujarnya.

Aktivitas penambangan yang dilakukan warga di daerah itu sudah berlangsung cukup lama. Proses penggalian batu dilakukan dengan peralatan tradisional dan tanpa mempertimbangan keselamatan dan kerusakan lingkungan.

Seperti diberitakan, aktivitas penambangan batu di Desa Temurejo memakan korban jiwa, Rabu (7/6/2017). Satu warga Dusun Condrogeni, Desa Temurejo, bernama Sutekno dinyatakan tewas setelah sebelumnya tertimpa bongkahan batu sekitar pukul 15.30 WIB. Meski sempat dilarikan ke RSUD namun sekitar pukul 19.30 WIB, korban akhirnya meninggal.

 

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →