Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Hama Wereng Menyerang, Belasan Emak-emak Karangsari Grobogan Beraksi



Reporter:    /  @ 15:10:52  /  5 Juni 2017

    Print       Email

Sejumlah petani wanita ikut turun tangan membantu menekan merebaknya hama wereng yang menyerang tanaman padi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pemandangan cukup unik terlihat dalam kegiatan gerakan masyarakat (Germas) pengendalian wereng di Dusun Mangonan, Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Grobogan, akhir pekan lalu. Karena tampak ada belasan ibu petani setempat yang ikut terlibat dalam germas tersebut.

Kehadiran petani wanita ini tidak sekadar meramaikan germas, tetapi ikut menggendong tangki dan melakukan penyemprotan tanaman padi ke areal sawah.

“Kegiatan germas di Karangsari agak beda dari biasanya. Soalnya, ada belasan petani wanita yang ikut terjun ke lapangan,” ungkap Koordinator Pengendailan Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Dinas Pertanian Grobogan Dargo.

Dijelaskan, dalam germas tersebut ada dua kelompok tani yang terlibat. Untuk luasan areal yang ditangani sekitar 48 hektar.

Dalam kegiatan itu, belasan petani wanita sengaja ikut serta. Soalnya, suaminya kebetulan tidak bisa ikut germas karena sedang merantau ke luar kota.

“Tanaman padi di sawah umurnya sekitar 70 hari. Kondisi tanaman waktunya pengisian buah. Penanganan ini kita lakukan supaya hama wereng bisa terkendali. Kegiatan germas di Karangsari sudah kita lakukan sejak Sabtu kemarin,” tambah Dargo.

Selain di Karangsari, dalam beberapa hari terakhir, pihaknya juga melakukan germas di sejumlah tempat. Yakni, di sejumlah desa di Kecamatan Penawangan dan Godong. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Udang Marguensis Diklaim Lebih Tahan Penyakit

Selengkapnya →