Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Stok Darah di Jepara Masih Stabil di Bulan Ramadan



Reporter:    /  @ 03:20:00  /  1 Juni 2017

    Print       Email

Petugas PMI Jepara menunjukan simpanan darah di Blood Bank, Rabu (31/5/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Stok darah di Kabupaten Jepara masih stabil. Memasuki hari kelima Bulan Ramadan, masih tersedia 400 kantong darah. Namun demikian, PMI Jepara tetap mengantisipasi kelangkaan selama bulan Ramadan. 

Hal itu berkaca pada tahun lalu, di mana pasokan darah selama Ramadan pasti menurun. Pada hari Rabu, stok darah di PMI Jepara dirinci sebagai berikut. Golongan darah A berjumlah  112 kantong, golongan B berjumlah 124 kantong, jenis O sebanyak 136 kantong dan golongan AB terdapat 68 kantong. 

Petugas Seksi Pelayanan Darah dan Rujukan PMI Jepara Syahrul berkata, setiap bulan Ramadan pasokan darah hampir dipastikan menurun. Hal itu karena kegiatan donor darah frekuensinya jauh berkurang. 

“Untuk mengatasinya kami menggelar kegiatan donor darah selama sebulan penuh di bulan April dan awal Mei, menjelang puasa,” katanya, Rabu (31/5/2017). 

Di samping itu, pihaknya juga menggelar kegiatan donor darah pada beberapa tempat ibadah nonmuslim. Di antaranya, gereja dan Vihara. Selain itu di beberapa tempat, kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari, mengingat pendonor melaksanakan puasa di siang hari. 

Antisipasi lain adalah melakukan pengolahan darah secara langsung bila PMI benar-benar kehabisan stok darah. 

“Jikalau tidak ada tersisa stok darah, maka keluarga pasien akan diminta menjadi pendonor kemudian diolah dan digunakan. Pada tahun 2013 lalu, kita sempat kekosongan stok, hal itu mengingat kita belum melakukan strategi seperti sekarang,” kata dia. 

Adapun dalam sehari, rerata kebutuhan darah yang disalurkan ke beberapa rumah sakit adalah 60 kantong. Dia merinci, rerata stok darah selama setiap bulan berjumlah sekitar 1000 kantong lebih. Untuk bulan April 2017, kantong darah yang tersimpan di Blood Bank PMI Jepara berjumlah 1.780 buah.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →