Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ramadan, Permintaan Cetakan Alquran Meningkat Tajam



Reporter:    /  @ 17:00:20  /  31 Mei 2017

    Print       Email

Sahal Fathoni, Direktur Utama Percetakan Menara Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Selama bulan Ramadan, permintaan cetakan Alquran mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, kenaikan permintaan bisa mencapai 60 persen, dibandingkan dengan permintaan pada bulan biasanya.

Hal ini disampaikan oleh Sahal Fathoni, Direktur Utama Percetakan Menara Kudus. Sahal mengatakan seperti tahun sebelumnya, saat Ramadan selalu mengalami peningkatan permintaan. Tak hanya dari Kudus, tapi juga dari sejumlah wilayah di Indonesia.

“Kami dalam sebulan rata-rata bisa mencapai 100 ribu cetakan Alquran tiap bulan, namun saat menjelang puasa hingga puasa, permintaan cetakan Alquran naik sampai 60 persen,” katanya ditemui di Kudus, Rabu (31/5/2017).

Untuk memenuhi permintaan, sebelum Ramadan tiba, kata dia, pasokan akan adanya cetakan Alquran di percetakan dipastikan melimpah lebih dulu. Tujuannya, agar pihaknya tak kewalahan saat permintaan meningkat.

Strategi itu didapat setelah mengalami kewalahan permintaan pada sebelumnya. Yaitu jelang Ramadan, mereka tak menyiapkan pasokan cetakan melimpah. Hasilnya, begitu jelang Ramadan dan waktu Ramadan tiba, mereka kewalahan memenuhi permintaan.

Untuk cetakan Alquran yang dijual bermacam-macam harganya, yaitu di kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 200 Ribu. Di percetakannya ada 60 varian cetakan Alquran. Seluruh varian memiliki pangsa pasar pasti.

“Kebetulan kami memiliki sejumlah distributor, dan beberapa toko mengaku habis saat puasa ini. Seperti halnya di Jakarta dan Yogyakarta juga mengalami hal yang sama,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kabid Humas Polda Jateng: Polisi Harus Melek Media Sosial

Selengkapnya →