Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pemdes Dorokandang Sudah Siapkan Anggaran untuk Pelatihan Membatik Bagi Mucikari



Reporter:    /  @ 21:34:10  /  31 Mei 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Rembang – Sehubungan akan ditutupnya lokalisasi di Desa Dorokandang, Kecamatan Lasem, Rembang, sebanyak 14 mucikari bakal diikutkan pelatihan membatik. Terkait hal ini, pemerintah desa setempat sudah mengalokasikan angaran sebesar Rp 10 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Plt Sekdes Dorokandang Arianto mengatakan, untuk keterampilan yang diajarkan pada mucikari sengaja dipilihkan membatik. Sebab, Lasem merupakan sentra batik, sehingga dinilai tepat untuk memberikan bekal keterampilan kepada mucikari.

“Untuk pelatihannya nanti akan mengundang para pengusaha atau pengrajin batik yang ada di Lasem. Sehingga nantinya di saat lokalisasi ini ditutup, maka mucikari bisa mempunyai pekerjaan lainnya,” paparnya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai ke-14 mucikari tersebut, ia mengutarakan bahwa rata-rata dari mereka merupakan perempuan. “Dari 14 mucikari itu, 11 di antaranya perempuan dan  lainnya laki laki. Sehingga latihan keterampilan, sengaja dipilihkan membatik,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap kepada keluarga mucikari supaya bisa mendukung apa yang dilakukan oleh pihak desa. Sehingga, mereka nantinya juga bisa menerima pekerjaan baru yang akan dilakukannya ke depan.

Sementara itu, salah satu mucikari yang berinisial S mengaku, bahwa dengan ditutupnya lokalisasi ini, pihaknya akan beradaptasi dengan pekerjaaan yang baru. “Ya, gimana lagi, kita harus hadapi bersama-sama. Kita akan beradaptasi dengan pekerjaan lagi. Apakah nantinya akan jadi pembatik atau menjadi karyawan swasta kita juga belum tahu,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Selengkapnya →