Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Suara Tadarus Alquran Tahanan Bikin Adem Ruang Penjara Grobogan



Reporter:    /  @ 16:09:36  /  30 Mei 2017

    Print       Email

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano sedang menyampaikan tausiyah pada para tahanan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Lantunan surat-surat pendek Alquran terdengar dari ruang tahanan Polres Grobogan. Pelantunnya adalah salah seorang tahanan yang sedang menjalani proses hukum. Sedangkan tahanan lainnya dengan serius menyimak dan mendengarkan bacaan tersebut.

Tadarusan di gelar di lorong ruang tahanan. Puluhan tahanan duduk berhadapan dengan mengenakan kaos, peci putih, dan sarung.

Usai tadarusan, para tahanan mendapat pencerahan agama dari ustaz yang dihadirkan. Bahkan, para perwira, termasuk Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano juga menyempatkan memberikan tausiah pada tahanan pada bulan puasa ini.

Menurut Satria, salah satu hal yang paling ditekankan terhadap tahanan adalah pendidikan agama. Sebab, hal itu dirasa akan bisa memperbaiki moral mereka.

“Selama bulan Ramadan sudah terjadwal kegiatan khusus keagamaan bagi tahanan. Dalam kegiatan ini, ada guru khusus yang memberikan pelajaran agama dan menyampaikan tausiyah tentang akhlak serta hidup bermasyarakat,” jelas Satria, Selasa (30/5/2017).

Selain pendidikan agama, pihaknya juga sangat memperhatikan kewajiban salat lima waktu pada tahanan tersebut. Saat azan dari Masjid Mapolres Grobogan berkumandang, petugas mengingatkan mereka untuk segera menunaikan salat di dalam ruang tahanan seluas 5 x 5 meter itu. Biasanya, salat itu dilakukan berjamaah dan salah satu tahanan bertindak menjadi imam.

Satria menambahkan, selama masa penahanan, pendidikan kebersihan diri dan lingkungan juga ditekankan pada tahanan tersebut. Khususnya, kebersihan terhadap ruang ruang tahanan dan kamar mandi yang ada di dalamnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →