Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Stok Darah di PMI Rembang Mulai Menipis di Awal Ramadan



Reporter:    /  @ 08:00:20  /  30 Mei 2017

    Print       Email

Petugas menunjukan stok darah kantor PMI Rembang.(MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Ketersedian stok darah di kantor PMI Cabang Rembang, diperkirakan akan menipis pada minggu kedua di bulan Ramadan. Sementara itu, untuk persediaan selama sepekan di awal Ramadhan ini masih dinilai aman.

Pencari Pelestari Donor Darah Sukerela (P2D2S) pada PMI Rembang Ervin Nurcahyanti mengatakan, pendonor darah di saat Ramadan memang sangat berkurang. Sedangkan untuk permintaan darah di kantor PMI, sekitar 40 kantung dalam sehari.

“Untuk ketersediaan  darah golongan A di kantor PMI ada 60 kantung, golongan B 140, golongan AB 23 kantung, dan golongan darah O ada 150 kantung. Stok itu dimungkinkan untuk menyediakan selama sepekan ke depan saat awal Ramadhan ini,” bebernya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai bagaimana upaya untuk memenuhi stok darah di saat bulan puasa seperti ini, pihaknya mengutarakan bahwa akan menggelar donor darah secara keliling setelah shalat tarawih maupun lainnya.

“Kami terus melakukan sejumlah terobosan diantara donor keliling usai shalat tarawih, di masjid dan mushola dan mengingatkan melalui sms gateway kepada para pendonor,” katanya.

Di sisi lain, sebagai upaya pemenuhan stok  darah selama bulan ramadan dan menjelang Lebaran, pihaknya akan melakukan terobosan untuk mengamankan stok darah.

Menurut anjuran dokter, donor darah dalam kondisi tubuh berpuasa tidak mengganggu kesehatan. Namun jika kondisi tubuh tidak memungkinkan, lebih baik donor darah dilakukan usai berbuka puasa.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Selengkapnya →