Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Persiapan Pengiriman Minyak, Jalan Menuju Lokasi Sumur Tua di Grobogan Diperbaiki



Reporter:    /  @ 21:32:36  /  27 Mei 2017

    Print       Email

Akses jalan menuju lokasi sumur tua di Dusun Bapo, Desa Bendoharjo, Kecamatan Gabus, Grobogan, mulai diperbaiki sebagai persiapan pengiriman minyak perdana dalam waktu dekat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Persiapan untuk melakukan pengiriman perdana hasil eksploitasi atau pengeboran sumur minyak tua di Dusun Bapo, Desa Bendoharjo, Kecamatan Gabus, Grobogan, terus dilakukan. Salah satunya adalah membenahi akses jalan masuk dari perkampungan menuju lokasi sumur tua yang ada di kawasan hutan.

Sumur minyak tua peninggalan Belanda itu dieksploitasi PT Nureka bekerja sama dengan BUMD Purwa Aksara Grobogan. Kerja sama eksploitasi dengan Purwa Aksara tersebut dilakukan dengan skema bagi hasil. Yakni 90 persen untuk PT Nureka dan 10 persen untuk Purwa Aksara. Aktivitas eksploitasi perdana sumur minyak tua di kawasan hutan itu resmi dimulai pada Senin (27/2/2017) lalu.

Direktur PT Nureka Samsul Arifin menyatakan, pengeboran minyak di sumur tua sudah terlihat hasilnya, Selanjutnya, minyak dari sumbur tua akan segera dikirimkan ke Pusat Penampungan Produksi (PPP) Menggung Pertamina EP Field Cepu.

Namun, sebelum dikirimkan, ada satu hal yang perlu ditangani lebih awal. Yakni, perbaikan jalan dari lokasi pengeboran sampai perkampungan.

“Jalan sepanjang hampir 2 km kondisinya masih berupa tanah dan kita lapisi dulu dengan batu-batuan buar kuat. Pembenahan jalan perlu dilakukan supaya akses kendaraan pengangkut minyak bisa lancar,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga masih berkomunikasi intensif kepada desa yang akan dilalui jalur pengiriman mengirim minyak mentah. Sedikitnya, ada tiga desa yang jalannya akan dilalui kendaraan pengangkut.

“Komunikasi ini penting kita lakukan. Tujuannya supaya pengiriman minyak ini tidak ada kendala dan didukung banyak pihak,” imbuhnya.

Ditambahkan, jumlah sumur yang dapat izin eksploitasi totalnya ada 27 titik. Namun, pada tahun ini eksploitasi difokuskan pada lima sumur dulu. Selanjutnya, pada tahun berikutnya esploitasi akan dilakukan bertahap pada 27 sumur.

“Pengiriman perdana sekitar 150 barel kita targetkan awal bulan nanti. Selanjutkan ditambah secara bertahap,” ujarnya.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Jadwal Pemadaman Listrik di Jepara Hari Ini

Selengkapnya →