Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Hilal Tak Terlihat Karena Mendung Tebal di Ufuk Barat



Reporter:    /  @ 18:30:52  /  26 Mei 2017

    Print       Email

Pengamatan hilal di Jepara pada Jumat (26/5/2017).(MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Hilal,atau penanda masuknya awal Ramadan tak terlihat di Jepara. Badan Hisab Ruqyat Daerah Jepara dan beberapa akademisi tak dapat menyaksikan kemunculan hilal di ufuk barat karena tertutup mendung tebal, dilihat dari Pantai Kartini, Jumat (26/5/2017). 

Menurut hitungan ilmu falak, hilal seharusnya mulai terlihat pukul 17.28 hingga 18.06 WIB. Namun, dalam kurun waktu tersebut, beberapa peruqyat tak satupun melihat kemunculan hilalyang diperkirakan berada pada ketinggian 8 derajat 20 menit.

Hakim Ketua Sidang Isbat Ujang Jamaludin, lantas menutup prosesi pemantauan dihentikan pada pukul 17.57 WIB. Alasannya, awan di ufuk barat kian tebal, sehingga tak memungkinkan untuk melihat hilal.

“Peruqyat di Jepara tak ada yang bisa melihat hilal. Oleh karenanya, sidang isbat tak bisa dilaksanakan,” katanya.

Ia menerangkan, faktor alam menjadi penghalang para pemantau dalam melihat bulan baru. Padahal, lanjut Ujang, secara matematis kemunculannya sangat mungkin diamati. 

“Di sini (Jepara) memang tidak terlihat, namun di bagian Indonesia lain ada yang telah melihat. Maka dari itu kita menunggu dari Kementerian Agama,” tutupnya. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Puluhan Penyandang Disabilitas di Grobogan dapat Bantuan Kursi Roda

Selengkapnya →