Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Ribuan Warga Desa Tlogotirto Grobogan Hadiri Tradisi Sedekahan di Sendang, Begini Suasananya



Reporter:    /  @ 18:30:28  /  26 Mei 2017

    Print       Email

Ribuan warga Desa Tlogotirto, Kecamatan Gabus menggelar tradisi sedekahan di sekitar sendang, Jumat (MuriaNewsCom/Dani Agus)
 

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah tradisi turun temurun masih tetap dilestarikan warga Desa Tlogotirto, Kecamatan Gabus. Yakni, tradisi sedekahan yang dilangsungkan di pinggiran sendang yang ada di desa tersebut. Ribuan warga dari semua dusun memeriahkan acara yang digelar Jumat (26//2017).

“Sekitar 2.000 warga yang hadir dalam acara ini. Ini memang sebuah tradisi unik yang terus kita pertahankan,” ungkap Kades Tlogotirto Adi Saputra.

Dijelaskan, tradisi tersebut digelar setahun sekali. Yakni, pada hari Jumat Legi setelah warga melangsungkan panen padi. Tujuannya, untuk memanjatkan puji syukur kapada Allah SWT atas limpahan rezeki yang diberikan pada warga.

“Acara ini tidak ada kaitannya dengan datangnya momen bulan Ramadan. Kebetulan saja, pelaksanaanya kali ini waktunya mepet puasa,” jelasnya.

Lokasi pesta adat dilangsungkan di empat sendang. Yakni, sendang ngrejeng dan belik di Dusun Ngrejeng. Kemudian, sendang pancuran di Dusun Tawang dan sendang tempon di Dusun Madoh.

“Prosesi tradisi sedekahan sudah dimulai sejak subuh sampai siang. Kegiatan kita awali di salah satu punden yang ada disini,” kata Adi.

Dalam tradisi tersebut, semua warga sudah membawa bahan makanan dari rumah. Selajutnya, makanan dan lauk ditaruh dalam daun jati dan dibagi-bagikan pada warga. Tidak sedikit pula warga yang memilih makan bersama di lokasi acara.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

DPC PDIP Kudus Buka Penjaringan Calon Bupati

Selengkapnya →