Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini
Tradisi Dandangan (12)

Tabuh Bedug, Bupati Kudus Umumkan Ramadan Besok Dimulai



Reporter:    /  @ 17:55:22  /  26 Mei 2017

    Print       Email

Bupati Kudus Musthofa menabuh bedug sebagai tanda dimulainya Ramadan besok. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus Musthofa memukul bedug dalam kegiatan pentas kolosal visualisasi Dandangan di kota setempat, Jumat ((26/5/2017). Pemukulan bedug tersebut, dalam rangka pengumuman kalau Jumat  petang  merupakan hari terakhir bulan Syaban. Sehingga, puasa Ramadhan dimulai besok.

“Bulan puasa tiba. Mari kita sambut bulan Ramadan ini dengan suka cita untuk memperbanyak ibadah di bulan puasa ini,” kata Musthofa.

Menurut dia, tradisi pemukulan bedug semacam itu memang sudah menjadi simbol datangnya bulan puasa. Di hari terakhir bulan Syaban memang merupakan esensi utama dari tradisi Dandangan. Itu secara turun-temurun dilaksanakan masyarakat Kudus.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus, Yuli Kasiyanto mengatakan inti dari tradisi Dandangan sebenarnya adalah mengumumkan datangnya bulan suci Ramadan, yang dilangsungkan tiap tahun.

Tradisi tersebut, lanjut dia bermula ketika masa Sunan Kudus. Para santri memukul bedug di masjid Menara untuk menandakan datangnya bulan puasa. Bunyi bedug tersebut, dahulu ditunggu tunggu dan disaksikan oleh masyarakat Kudus.

“Kirab ini kami masih laksanakan karena ini merupakan budaya Kudus. Jadi sebagai cara memberitahu masyarakat awal puasa, kirab Dandangan dan tabuh bedug akan diupayakan rutin,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ternyata Begini Cara Napi Rutan Jepara Kabur dari Tahanan

Selengkapnya →