Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Dukuhseti Kini Punya SMK Baru, Gratis untuk Anak Yatim Piatu



Reporter:    /  @ 17:03:58  /  26 Mei 2017

    Print       Email

Suasana peresmian SMK Jamaah Pasrah, Jumat (26/5/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Kecamatan Dukuhseti saat ini punya sekolah menengah kejuruan (SMK) baru, yakni SMK Jamaah Pasrah (Japa). Sekolah ini diresmikan Jumat (26/5/2017) siang.

Ketua Panitia, Ahmad Fauzi mengatakan, SMK Japa berada di bawah naungan Yayasan Jamaah Pasrah. Ada tiga prinsip yang saat ini diusung Yayasan Japa, yaitu sosial, pendidikan dan ekonomi.

“Bidang sosial sudah dilakukan sejak 1999, sebelum berbadan hukum pada 2004. Kegiatan sosial pertama yang dilakukan adalah santunan anak yatim dan dhuafa,” ujar Fauzi.

Beberapa waktu lalu, yayasan itu menyantuni anak yatim dan dhuafa yang tersebar di enam kecamatan di Pati dan Jepara. Di bidang pendidikan, Yayasan Japa mendidikan SMK yang secara khusus digratiskan untuk anak yatim piatu.

Saat ini, SMK Japa membuka tiga kelas untuk pembelajaran yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 410 juta. Targetnya, SMK Japa membangun tiga lantai dengan estimasi biaya Rp 1 miliar.

“Sudah ada 38 anak yang mendaftar. Kami siap melaksanakan pendidikan gratis untuk anak yatim piatu. Misinya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bagi anak-anak yatim piatu,” tuturnya.

Kepala Seksi SMK BPPMK Wilayah II Kabupaten Pati Agus Rumanto menambahkan, SMK Japa memiliki prospek pendidikan yang bagus. Pertama, ada lahan sawah yang bisa dikembangkan untuk olahraga dan pengembangan.

Kedua, lokasi berada di perkampungan sehingga dinilai tenang dalam kegiatan belajar-mengajar. Ketiga, SMK Japa akan mengembangkan pondok pesantren yang sudah dipastikan sesuai dengan ruh Islam.

Dia berharap, guru di SMK Japa dapat melakukan transformasi empat kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial dan profesional. Begitu juga dengan SMK Japa yang diharapkan bisa bekerja, melakukan pendidikan tinggi, dan menumbuhkan wirausaha.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Nonton Karnaval, Bupati Grobogan Dibikin Kaget dengan Penampilan Kabag Pemdes

Selengkapnya →