Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Penasaran dengan Museum Jenang Kudus? Ini Penampakannya



Reporter:    /  @ 17:09:59  /  26 Mei 2017

    Print       Email

Miniatur Menara Kudus saat pertama masuk (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Keberadaan Museum Jenang di jalan Sunan Muria Kudus bikin warga atau wisatawan penasaran. Tak hanya warga sekitar saja, namun tapi juga luar daerah. Museum Jenang tersebut, berada di lantai dua Mubarok Sentra Bisnis dan Budaya.

  1. Miniatur Menara Kudus

Miniatur Menara Kudus (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Sebelum mencapai museum, terlebih dahulu masyarakat atau pengunjung akan melewati pusat perbelanjaan atau oleh-oleh yang ada di lantai dasar. Setelah masuk ke Museum, miniatur Menara Kudus berada di depan mata pengunjung. Bangunan miniatur Menara Kudus juga lengkap dengan bangunan pagar yang mengelilingi, dengan sangat mirip dan apik.

2. Sebuah patung yang sedang mengaduk adonan jenang dengan cara tradisional

Patung seorang pekerja sedang mengaduk adonan jenang dengan cara tradisional. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Di sekitar miniatur Menara Kudus, terdapat sejumlah alat pembuat jenang. Alat tersebut mulai dari yang tradisional lengkap dengan patung orang yang mengaduk adonan, hingga modern dengan alat yang canggih.

3. Miniatur pasar kuno di kawasan Menara Kudus

Miniatur pasar kuno di kawasan Menara Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Di tempat yang sama, pengunjung akan melihat sebuah miniatur pasar kuno di kawasan Menara Kudus. Di sana mirip dengan Museum Kretek yang mana banyak miniatur masyarakat pembuat kretek. Di Museum Jenang, bentuknya adalah pasar kuno.

4.   Alquran berukuran besar

Warga melihat Alquran berukuran besar (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Pada bagian utara, terdapat Alquran ukuran raksasa, lengkap dengan tulisannya. Kondisi tersebut menjadi lebih apik saat dilihat secara keseluruhan dari bagian atas.

5. Maket bangunan kompleks Menara Kudus

Maket bangunan kompleks Menara Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Pengunjung juga dapat melihat maket bangunan kompleks Menara Kudus lengkap dengan bangunan lain seperti makam Sunan Kudus beserta lampu dan tamannya.

6. Rumah adat Kudus, Gebyok Kudusan

Rumah adat Kudus, Gebyok Kudusan. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Saat memasuki ruang, pengunjung bisa melihat rumah adat Kudus, lengkap dengan ornamen, tumpang dan ukiran khas Kudusan. Di sekitarnya, terdapat foto bupati Kudus dari generasi ke generasi hingga bupati sekarang, Musthofa.

7. Sejumlah foto-foto lawas bangunan bersejarah Kudus

Sejumlah foto-foto lawas bangunan bersejarah Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Sejumlah foto lain juga dipampang, mulai dari foto bangunan kuno dan bangunan sejarah di Kudus. Foto tersebut dipajang mengelilingi rumah adat Kudus yang berada di dalam.

8. Batik Kudus di stan batik 

Perajin batik Kudus membatik di stan batik Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

 

Pada ruang sebelah di lantai atas, pengunjung akan melihat stan batik Kudus di sebelah kiri atau teras lantai atas. Di samping batik, ada kopi Muria, yang dapat dibeli dan dinikmati oleh masyarakat.

Direktur Utama Mubarokfood Cipta Delicia yang juga pemilik Museum jenang Muhammad Hilmy, mengatakan dirinya senang akan museum. Bangunan tersebut terwujud atas bantuan sejumlah pihak. “Dengan museum jenang ini, maka semakin menjadikan jenang merupakan produk asli dari Kudus,” ungkapnya.

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ternyata Begini Cara Napi Rutan Jepara Kabur dari Tahanan

Selengkapnya →