Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ribuan Warga Ikuti Kirab Tumpeng di Gunung Butak Rembang



Reporter:    /  @ 17:54:18  /  25 Mei 2017

    Print       Email

Ribuan warga ikuti kirab 99 tumpeng di di Gunung Butak Desa Dowan, Kecamatan Gunem,Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Menjelang datangnya bulan Ramadan  1438 H, ribuan warga Rembang mengikuti kirab tumpeng di Gunung Butak Desa Dowan, Kecamatan Gunem, Kamis (25/5/2017).

Ribuan warga tersebut terdiri dari enam desa yang ada di Kecamatan Gunem dan Sale. Yakni, Desa Tegaldowo, Suntri, Timbrangan, Pasucen, dan Dowan, Kecamatan Gunem serta  Desa Bitingan Kecamatan Sale.

Kirab tumpeng tersebut dimulai dari kaki Gunung Butak hingg Makam Jati Kusumo yang berada di atas gunung.

Ketua panitia kirab tumpeng Akhmad Akhid yang juga sebagai sesepuh Laskar Brotoseno mengatakan, sebelum kirab, paginya diadakan kegiatan doa bersama dan Khotmil Quran di Makam Jati Kusumo, yang merupakan tokoh yang ada di Pegunungan Butak pada masa penjajahan.

Salah seorang tokoh Desa Dowan,Sholeh mengatakan, kegiatan ini untuk acara mapak tanggal Ramadan. “Mapak tanggal yakni menyambut bulan Ramadan. Sebab besok Jumat (26/5/2017) sore itu kalau menurut hitungan Jawa itu sudah masuk tanggal 1 Ramadan. Sehingga kita mapak tanggalnya pada Kamis ini,” paparnya.

Kemudian, terkait jumlah tumpengnya yang dikirab sebanyak 99. Jumlah tersebut, merupakan lambing dari Asmaul Husna yang jumlahnya 99. Setelah dikirab, kemudian, tumpeng tersebut dibagi-bagikan kepada warga.

Dia menambahkan, acara ini yang menggelar yakni tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh Laskar Brotoseno dan juga PT Semen Indonesia. “Ya mudah-mudahan dengan acara ini warga Rembang dapat bersatu. Sebab kirab ini juga diikuti oleh desa yang ada di ring 1 maupun ring 2 pabrik Semen Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Bupati Grobogan Minta Pendataan Gedung Sekolah Rusak Segera Dilakukan

Selengkapnya →