Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini
Tradisi Dandangan (11)

Pentas Kolosal Visualisasi Tradisi Dandangan Kudus Diadakan Besok



   /  @ 16:57:37  /  25 Mei 2017

    Print       Email

Peserta kirab Dandangan saat beraksi pada tahun lalu. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menyelenggarakan pentas kolosal visualisasi Dandangan di kota setempat, Jumat ((26/5/2017). Perhelatan itu merupakan bagian dari kegiatan Dandangan, tahun ini. Tema yang diusung Menggali Tradisi, Meneguhkan Kudus Religius. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Yuli Kasianto mengatakan, persiapan pentas kolosal visualisasi Dandangan sudah matang dilakukan. Sesuai jadwal, kegiatan itu akan diadakan pada Jumat sekitar pukul 14.00 WIB.”Bukan kirab, tapi pentas kolosal visualisasi tradisi Dandangan,” kata Yuli kepada MuriaNewsCom, Kamis (25/5/2017).

Menurutnya, pentas kolosal melibatkan sekitar 100 talen dari sejumlah sanggar tari di Kudus. Visualisasi menggambarkan kondisi Kudus tempo dulu. Mulai dari kebiasaan masyarakat hingga cerita tentang awal puasa yang diumumkan Kanjeng Sunan Kudus.

Selain pentas kolosal, lanjut Yuli, ada juga penampilan grup rebana yang melibatkan 200 personel dari berbagai kelompok rebana di Kudus. Di akhir pementasan, akan ada aksi rampak bedug. “Ada 9 bedug yngg akan dipukul bupati dan jajaran forkopinda, dan dilanjutkan oleh pemain rampak bedug.” terangnya.

Penyelenggaraan visualisasi Dandangan yang digelar Pemkab Kudus melalui Disbudpar ini, diadakan sejak 2008. Dia melanjutkan beberapa hal terkait penyelenggaraan Dandangan tahun ini.
Pada tahun ini, jumlah UKM yang meramaikan Dandangan sekitar 21 kabupaten dan kota se-Jateng. Tradisi Dandangan sendiri diperkirakan ada sejak 400 tahun yang lalu.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →