Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Liburan, Duta Adiwiyata Pati Bersihkan Sampah di Objek Wisata



Reporter:    /  @ 14:00:46  /  25 Mei 2017

    Print       Email

Puluhan pelajar Duta Adiwiyata SMK Tunas Harapan Pati menggelar aksi bersih sampah di kawasan wisata Bukit Pandang, Durensawit, Kayen, Kamis (25/5/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya 40 pelajar Duta Adiwiyata dari SMK Tunas Harapan Pati menggelar aksi bersih-bersih sampah di sejumlah objek wisata di Pati, Kamis (25/5/2017).

Objek wisata pertama yang menjadi sasaran aksi bersih sampah adalah Bukit Pandang Ki Santamulya, Desa Durensawit, Kayen. Kedua, mereka membersihkan sampah di kawasan wisata Plorotan Semar, Desa Sumbersari, Kayen.

Muhammad Rofi’i, Pembina Duta Adiwiyata SMK Tunas Harapan mengatakan, aksi bersih sampah menjadi bagian dari komitmen sekolah Adiwiyata untuk konsen merawat dua kawasan wisata di Kayen. Aksi itu merupakan keberlanjutan dari aksi tanam pohon bersama seorang ahli dari Jerman beberapa waktu lalu.

“Kami lihat, sampah di sini mulai banyak yang dibuang sembarangan. Padahal, pengelola sudah menyediakan banyak tong sampah yang ditempatkan di sejumlah titik. Aksi ini diharapkan bisa dicontoh para pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujar Rofi’i.

Dalam aksi tersebut, mereka berhasil mengumpulkan sampah anorganik setidaknya enam kantong plastik berukuran besar. Sebab, target aksi bersih sampah ditujukan pada sampah-sampah plastik anorganik.

“Kalau sampah organik dari tumbuhan kita biarkan, nanti akan mengalami daur ulang sendiri. Konsen kita pada sampah anorganik seperti plastik. Harapannya, aksi bersih sampah dapat mengedukasi anggota Adiwiyata SMK Tunas Harapan, sekaligus mengedukasi pengunjung,” tuturnya.

Kurniawan, Ketua Duta Adiwiyata menambahkan, aksi bersih sampah bertujuan untuk membantu pengelola dan masyarakat untuk membersihkan sampah anorganik. Menurutnya, kesadaran pengunjung wisata untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang.

Karena itu, dia mengajak travelers untuk mencintai lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. “Kami mengajak kepada semua travelers untuk membudayakan buang sampah di tempatnya, saling mengingatkan, dan memungutnya bila terlihat sampah,” ajak Kurniawan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Panggil DPN APTRI, KPPU Tindak Lanjuti Dugaan Monopoli Gula yang Dilakukan Bulog

Selengkapnya →