Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Mahasiswa UNISNU Jepara Praktik Lihat Hilal di Pantai Kartini



Reporter:    /  @ 22:07:33  /  24 Mei 2017

    Print       Email

Praktik pantauan hilal di Pantai Kartini Jepara, oleh mahasiswa UNISNU Jepara, Rabu (24/6/2017).(MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Menyongsong Ramadan, mahasiswa dari Jurusan Al Ahwal as Syakhsiyyah, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara melakukan praktik melihat hilal. Kegiatan itu dilangsungkan di Pantai Kartini Jepara, Rabu (24/5/2017) sore.

Dosen Ilmu falak Hudi mengatakan, praktik tersebut dilakukan untuk mengaplikasikan pembelajaran di kampus. Pada kegiatan tersebut, pengamatan dilakukan menggunakan teleskop manual maupun digital. 

“Ini untuk mempraktikan apa yang didapat dalam bangku kuliah. Kita buktikan apakah hilal (bulan muda) bisa dilihat atau tidak. Pantauan hilal sendiri berguna untuk melihat awal bulan Ramadan, menentukan waktu salat,” ujar Hudi yang juga Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UNISNU Jepara.

Terkait awal bulan Ramadan, ia mengatakan, pantauan hilal akan dilakukan pada hari Jumat (26/5/2017). Adapun lokasi Pantai Kartini dipilih karena memiliki lokasi yang strategis dan tidak terhalang oleh rintangan apapun termasuk pulau-pulau di sekitarnya. 

Menurut hitung-hitungannya, ketinggian hilal di Pantai Kartini pada 8 derajat 20 menit, pada saat pantauan hilal nanti. 

Sementara itu seorang mahasiswa jurusan Al Ahwal as Syakhsiyyah Arina Manasika mengungkapkan, latihan tersebut merupakan kesempatan baginya belajar langsung. “Di sini saya bisa mempraktikan ilmu yang saya peroleh dari kuliah,” terangnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pemerintah Desa Tlogitirto Grobogan Masukkan Program Droping Air Lewat APBDes

Selengkapnya →