MuriaNewsCom
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Soal Larangan Cantrang, Nelayan Rembang Ngadu ke Komnas HAM

85
Kapal cantrang bersandar di Pelabuhan Tasikagung Rembang. Terkait dengan larangan penggunaan cantrang, nelayan mengadu ke Komnas HAM. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Ratusan nelayan cantrang di Rembang mengadu ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Hal ini terkait dengan larangan penggunaan cantrang oleh pemerintah, karena hal itu dinilai dapat mengancam hak untuk hidup.

Ketua Paguyuban Nelayan Rembang Suyoto mengatakan, langkah tersebut dilakukan agar hak untuk hidup para nelayan tidak dirampas dengan adanya peraturan yang melarang cantrang.

“Kita melapor sudah sekitar satu bulanan. Namun baru ditindaklanjuti oleh Komnas HAM pada Selasa (23/5/2017) ini. Mereka akan menyambangi kota Rembang,” katanya.

Komnas HAM dan jajarannya bakal menyambangi para nelayan yang ada di Rembang. Nantinya, dari pertemuan atau hasil dialog dengan nelayan tersebut bakal dilaporkan kepada pihak terkait.

“Nantinya para nelayan akan kita persilakan untuk melaporkan kondisi yang ada di lapangan. Yakni bagaimana jika cantrang dilarang akan berdampak seperti apa atau kalau diperbolehkan akan berdampak seperti apa,” ungkapnya.

Dia menambahkan, hak untuk hidup nelayan cantrang harus diperhatikan kembali. Sebab nelayan juga salah satu warga yang harus dilindungi hak-haknya.”Terlebih cantrang ini sudah puluhan tahun kita gunakan,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

United Futsal Pc

Ruangan komen telah ditutup.