Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

BUMDes di Jepara Diminta Kreatif Kembangkan Usaha



Reporter:    /  @ 09:00:34  /  23 Mei 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Pemkab Jepara mendorong pemerintah desa berkreasi mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Lantaran, sektor tersebut bisa memacu peningkatan Pendapatan Asli Desa. 

Hal itu dikatakan oleh Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Dinsospermades Jepara Suharsana, Senin (22/5/2017). Menurutnya, usaha BUMDes tak hanya terikat pada satu jenis usaha yang kini ditekuni banyak desa di Jepara, yakni simpan pinjam. 

“Ada peluang yang sebenarnya bisa dilirik untuk jenis usaha baru BUMDes. Yakni dengan bekerja sama dengan Perum Bulog untuk penyerapan padi dari petani ke Bulog. BUMDes bisa mengambil peluang untuk menjadi tengkulak, bisa juga menyediakan tempat pengeringan atau gabah,” tuturnya. 

Ia menyatakan, kerja sama itu dinilai sangat menguntungkan. Sebab harga komoditas dari Bulog lebih murah. Di samping itu, Dinsospermades juga mengajak serta pemerintah desa untuk melakukan studi banding ke beberapa BUMDes yang telah sukses. Di antaranya ke Blitar, ataupun menengok pengembangan usaha pariwisata di Ponggok Klaten. 

Terkait pendanaan, pihaknya mengaku bisa memanfaatkan gelontoran dana yang diperoleh dari Dana Desa maupun ADD. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →