Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Fasbuk Membedah Berita Hoax dengan Cerdas dari Sudut Kampus UMK  



   /  @ 23:30:30  /  20 Mei 2017

    Print       Email

Suasana diskusi di sela-sela kegiatan yang diadakan Fasbuk bertemakan Hoax, Hoex Hoam di UMK. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Memberantas hoax atau kabar palsu saat ini, sangat sulit. Itu tak lepas dari minat masyarakat mengonsumsi berita palsu tersebut.

Demikian disampaikan salah satu narasumber dari Redaktur Budaya MuriaNewsCom, Akrom Hazami, saat kegiatan diskusi Hoax Hoex Hoam. Judul tema yang diangkat Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (Fasbuk) itu menghangat saat kegiatan yang digelar di Universitas Muria Kudus (UMK), Sabtu (20/5/2017) malam.

“Masyarakat rupanya sangat minat dengan berita palsu atau hoax yang ada. Diam-diam, mereka terus mencari berita hoax. Itulah di antara hal yang memicu hoax tumbuh subur. Meski itu meresahkan,” kata Akrom.

Menurutnya, berita palsu itu tak akan menyebar jika warga sadar kalau itu tak benar. Ironisnya, warga korban berita hoax justru ikut menyebarkan. Kondisi yang massif itulah yang membuat berita palsu menjamur.

Mohammad Noor Ahsin, narasumber lain yang merupakan dosen Program Studi PBSI UMK, mengatakan, hoax amat berbahaya. “Hendaknya masyarakat kini, lebih jeli, bisa membedakan mana berita palsu dan yang tidak. Di antaranya adalah mencari berita itu di media lain. Jika tak ada, itu mengindikasikan berita palsu,” ujarnya.

Kegiatan Fasbuk edisi bulan Mei 2017 itu menghadirkan beberapa mahasiswa dari UMK, STAIN Kudus dan STIKES Muhammadiyah. Mereka membacakan puisi karya mereka.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →