Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

KA TABRAK MOBIL  : Jalur kereta dari Surabaya ke Jakarta Tertahan 3 Jam di Grobogan



Reporter:    /  @ 15:15:18  /  20 Mei 2017

    Print       Email

Ratusan penumpang kereta api Argo Bromo dari Surabaya tujuan Jakarta sempat tertahan hampir 3 jam di Stasiun Sedadi, Penawangan, Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Peristiwa kecelakaan di Desa Katong, Kecamatan Toroh menyebabkan para penumpang Kereta Argo Bromo tertahan di Stasiun Sedadi, Kecamatan Penawangan, Grobogan, Sabtu (20/5/2017).

Sebab, KA tidak memungkinkan untuk meneruskan perjalanan karena di bawah loko masih terdapat bodi kendaraan yang tertabrak dan terseret sejauh 700 meter hingga akhirnya terbakar.

Selain itu, loko bernomor seri CC 2061392 kemungkinan mengalami kerusakan karena terlihat gosong akibat jilatan api dari mobil Xenia yang terbakar.

Kereta api yang dimasinisi Arie Oktavian (25), warga Surabaya itu melaju dengan tujuan Jakarta. Akibat peristiwa ini, kereta beserta ratusan penumpang tetahan di Stasiun Sedadi sejak pukul 10.45 WIB.

Kecelakaan ini menyebabkan perjalanan kereta dari arah Surabaya terhenti. Namun, jalur kereta dari arah sebaliknya, yakni dari Jakarta menuju Surabaya masih lancar.

Usai kecelakaan, masih ada beberapa kereta dari Jakarta yang melintas di Stasiun Sedadi menuju Surabaya. Sekadar diketahui, perjalanan kereta saat ini sudah menggunakan double track sehingga masing-masing arah memiliki jalur sendiri-sendiri.

Kecelakaan kereta api yang menerjang mobil Xenia itu berada di jalur dua. Tidak lama setelah kereta terhenti, rangkaian gerbong berjumlah 11 unit langsung ditarik dan digeser pindah ke jalur satu.

Sekitar pukul 14.04 WIB, para penumpang diminta masuk lagi ke dalam gerbong oleh petugas dari Stasiun Sedadi. Hal ini setelah ada satu loko yang didatangkan dari Stasiun  Poncol Semarang. Beberapa saat kemudian, rangkaian kereta diberangkatkan menuju Jakarta lewat jalur satu.

Seperti diberitakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Mobil dari arah utara menyebrangi rel. Padahal, dalam waktu bersamaan sedang melaju kereta api Argo Bromo dari arah Surabaya (timur).

Mengingat jaraknya sudah dekat, tabrakan tak bisa dihindari. Setelah tertabrak, mobil menempel di loko kereta dan terseret hingga ke Stasiun Desa Sedadi, Kecamatan Penawangan.

Lokasi kecelakaan berada di timur Sungai Serang yang masuk wilayah Kecamatan Toroh.  Sedangkan posisi stasiun ada di barat Sungai Serang yang masuk wilayah Kecamatan Penawangan. Jarak lokasi tabrakan hingga kereta berhenti sekitar 700 meter.

Lantaran terseret loko, muncul percikan api dari bodi kendaraan yang menempel rel. Kondisi ini akhirnya menyebabkan mobil ringsek dan hangus terbakar. Bagian depan loko kereta dengan nomor seri CC 2061392 terlihat gosong kena jilatan api dari mobil yang terbakar.

“Penumpang masih ada di dalam kendaraan belum bisa dievakuasi. Informasi sementara ada empat penumpang mobil dan semua meninggal. Data lengkap nanti setelah kita evakuasi,” kata Kapolsek Toroh AKP Sudarwati di Stasiun Sedadi.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →