Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Anggota Polres Pati Digembleng Latihan Diskresi



Reporter:    /  @ 23:12:32  /  18 Mei 2017

    Print       Email

Anggota Polres Pati menggelar simulasi diskresi penangkapan orang yang dicurigai teroris di halaman Mapolres Pati, Kamis (18/5/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota Polres Pati digembleng dengan latihan diskresi untuk menggunakan hak istimewanya sebagai anggota Polri. Simulasi diskresi dilakukan di halaman Mapolres Pati, Kamis (18/5/2017).

Kabag Ops Polres Pati Kompol Sundoyo mengatakan, simulasi diskresi berlangsung cukup dramatis. Massa pengunjuk rasa memblokade jalan pantura di kawasan pabrik PT Dua Kelinci. Petugas kemudian menghubungi Polres tetangga untuk meminta bantuan pengalihan arus lalu lintas.

Pada saat yang sama, anggota Satlantas Polres Pati melakukan pengalihan arus dalam kota dan menggelar razia di jalur lingkar, serta Jalan P Sudirman yang menjadi akses alternatif massa untuk menuju ke titik blokade jalan.

Masyarakat pengguna jalan diberhentikan dan diperiksa surat-surat kelengkapan berkendara. Tiba-tiba, ada pengendara yang tidak mau diberhentikan petugas lalu lintas.

Lantaran mencurigakan, petugas mengambil langkah dengan cara menghubungi petugas operator road blocker dengan menyebutkan ciri-ciri kendaraan. Setelah menerobos road blocker, kendaraan akan berhenti karena ban mengalami kebocoran. Anggota Reskrim dan Raimas yang sudah disiagakan lantas mengambil langkah tegas sesuai dengan protap yang berlaku.

“Polisi terpaksa menggunakan hak diskresi dengan memasang  road blocker untuk menghentikan orang yang dicurigai, misalnya teroris. Penggunaan senjata api itu langkah paling akhir,” kata Kompol Sundoyo.

Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan menambahkan, simulasi diskresi dalam dunia kepolisian dianggap penting untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tindakan yang mencedarai keamanan masyarakat. Tak asal menggunakan hak istimewa, tetapi penggunaan hak diskresi harus sesuai dengan peraturan dan bertumpu pada keamanan bersama.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Identitas Pemotor Tewas pada Kecelakaan di Jalan Inspeksi Bendung Klambu Grobogan 

Selengkapnya →