Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Porsema X Wilayah Jateng Pertandingkan 23 Cabang Lomba



Reporter:    /  @ 20:00:11  /  17 Mei 2017

    Print       Email

Logo Porsema X Wilayah Jateng. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Ajang Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah ke-X akan digelar di Jepara, 20-23 Mei 2017. Pada kegiatan itu akan diperlombakan 23 cabang olahraga dan seni. 

Ketua Panitia Porsema X Achmad Makhali mengatakan, ajang tersebut merupakan kesempatan untuk menjaring pelajar berprestasi. “Selain itu untuk membangun kebersamaan dan silaturahmi antarsesama madrasah atau sekolah yang berada di bawah LP Ma’arif melalui kegiatan positif,” tuturnya, Rabu (17/5/2017).

Ia mengatakan, sebanyak 5.400 orang akan berpartisipasi dalam Porsema X. Jumlah itu terdiri dari atlet yang berjumlah sekitar 4000 dan sisanya official pertandingan. Adapun peserta berasal dari 32 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. 

Adapun, acara tersebut mempertandingkan 23 cabang lomba, meliputi bola voli, lari sprint, tenis meja, bulu tangkis, futsal, sepak takraw, catur, lari jauh dan pencak silat. Kemudian, MTQ, kaligrafi, poster, puisi religi, film pendek, reportase, qasidah modern, debat bahasa Inggris, debat bahasa Arab, pidato bahasa Jawa, pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab serta parade kontingen.”Untuk Jepara sendiri kami mengirimkan 160 atlet di semua cabang,” ujar Makhali.

Ia menambahkan, Porsema X dijadikan rujukan 10 provinsi terkait penyelenggaraan acara. Ke depan, jika ajang tersebut telah diadakan di setiap provinsi, maka memungkinkan diselenggarakan Porsema tingkat nasional.

“Ada 10 provinsi yang akan meninjau pelaksanaan Porsema di Jepara, sebagai rujukan jika ajang serupa nantinya diadakan di daerah masing-masing. Di antaranya ada Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Dimungkinkan, bila telah ada kegiatan itu, pada masing-masing provinsi akan ada tingkat nasional,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Olahraga Porsema X Jepara Muhammad Sururi mengharapkan, ajang tersebut dapat menelurkan atlet berprestasi. Dikatakannya, untuk Kabupaten Jepara, telah ada atlet dari LP Ma’arif ikut digembleng Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).”Kemarin sudah ada yang ikut lomba atas binaan dari KONI dalam hal ini PASI,” ujarnya.

Dirinya juga berharap, untuk penyelenggaraan Porsema tahun ini Jepara mendapatkan juara umum. Hal itu karena, pada dua kali penyelenggaraan ajang ini, Kabupaten Jepara hanya berada di peringkat dua setelah Kudus.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pemerintah Desa Tlogitirto Grobogan Masukkan Program Droping Air Lewat APBDes

Selengkapnya →