Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

30 Pelajar dan Mahasiswa se-Jateng Ikuti Final Lomba Kreativitas Teknologi Pangan



Reporter:    /  @ 14:40:12  /  17 Mei 2017

    Print       Email

Peserta final lomba kreativitas teknologi pangan bagi pelajar dan mahasiswa se-Jateng sedang bersiap membuat kreasi makanan dari bahan lokal. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Suasana pelataran di samping timur pendapa kabupaten terlihat semarak dan meriah, Rabu (17/5/2017). Hal ini seiring digelarnya final lomba kreativitas teknologi pangan bagi pelajar dan mahasiswa se-Jateng.

Lomba tersebut diselenggarakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Jateng dan DKP Grobogan.

Acara lomba dihadiri sekaligus dibuka Bupati Grobogan Sri Sumarni. Hadir pula Direktur Pusat Teknologi Agroindustri BPPT Hardaning Pranamuda, Kepala DKP Jateng Suryo Banindro dan Kepala DKP Grobogan Muhammad Hidayat, serta Kepala Bappeda Grobogan Anang Armunanto.

Total ada 15 tim yang mengikuti lomba tersebut. Masing-masing tim terdiri dua orang. Peserta lomba bebas membuat menu makanan. Namun, menu yang diciptakan harus dari bahan lokal nonterigu.

Dari pantauan di lokasi, tiap peserta menciptakan menu masakan yang berbeda. Kebanyakan peserta membuat menu kue dan sebagian ada yang membuat es krim dari bahan jagung muda.

Direktur Pusat Teknologi Agroindustri BPPT Hardaning Pranamuda menyatakan, tujuan utama lomba tersebut memang untuk mengangkat potensi pangan lokal. Seperti singkong, jagung, kedelai, kacang hijau dan hasil pertanian lainnya. Dari cipta menu tersebut diharapkan bisa mengurangi ketergantungan dengan bahan dari terigu.

“Potensi pangan lokal ini sangat melimpah. Nah, potensi ini harus bisa dimanfaatkan untuk bahan pangan alternatif,” katanya.

Ditambahkan, peserta lomba adalan pengirim proposal ke BPPT. Dalam proposal tersebut, dicantumkan menu masakan yang diciptakan, bahan yang dibuat, kandungan gizi dan analisa kesehatan.

“Setelah kita kaji terpilih 15 proposal. Mereka inilah yang kita hadirkan untuk membuat kreasi yang sudah dikirimkan lewat proposalnya,” jelasnya.  

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Punya IMB, Pemilik Kos di Kawasan Kampus UMK Dipanggil Satpol PP

Selengkapnya →