Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pengembangan Wisata Waduk Kletek Pati Dikelola BUMDes



Reporter:    /  @ 09:00:29  /  16 Mei 2017

    Print       Email

Suasana peresmian Waduk Kletek, Pucakwangi sebagai destinasi wisata, baru-baru ini. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sebuah wacana menunjukkan, objek wisata tidak akan berkembang di tangan pemerintah. Sebaliknya, objek wisata akan maju bila dikelola swasta.

Namun, hal itu tidak berlaku di Desa Kletek, Kecamatan Pucakwangi. Di sana, sebuah waduk yang dibuka sebagai destinasi wisata dikelola oleh pemerintah desa menggunakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sekretaris Desa Kletek Samuri mengatakan, Waduk Kletek dikelola BUMDes Ngundi Makmur yang dianggarkan pemdes dari dana desa 2016. Pengembangan usaha di bidang pariwisata itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendapatan yang dikelola BUMDes.

“Embung ini awalnya sebatas berfungsi sebagai irigasi. Namun, setelah dilihat punya pemandangan yang cukup bagus, kami akhirnya memutuskan untuk mengembangkan sebagai objek wisata,” kata Samuri, Senin (15/5/2017).

Hasil dari pengelolaan wisata akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memiliki peluang bagus dalam pemberdayaan masyarakat. Mereka bisa membuka warung di sekitar objek wisata dan mendapatkan penghasilan dari sana.

Manajer BUMDes Ngundi Makmur Rusgianto menambahkan, pengembangan wisata Waduk Kletek didesain supaya bisa dikunjungi semua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua. Spot cinta, payung yang menggelantung di pepohonan dan hammock menjadi target pengunjung dari remaja.

Sementara wisata air ditargetkan bisa menyasar semua kalangan. Ke depan, pihaknya juga akan menambah sejumlah fasilitas seperti flying fox dan gembok cinta untuk menjawab kebutuhan pengunjung. Dia berharap, Waduk Kletek bisa meningkatkan dunia pariwisata di Kabupaten Pati.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Identitas Pemotor Tewas pada Kecelakaan di Jalan Inspeksi Bendung Klambu Grobogan 

Selengkapnya →