Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini
Tradisi Dandangan 2017 (1)

Inilah Asal Usul Dandangan Kudus



Reporter:    /  @ 20:18:39  /  15 Mei 2017

    Print       Email

Warga menikmati tradisi Dandangan di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Tradisi Dandangan berlangsung tiap menjelang bulan puasa Ramadan di Kudus. Tradisi Dandangan akan dimulai Selasa (16/5/2017).

Perayaan berupa pasar malam inidiselenggarakan sebelum Ramadan. Biasanya, sejumlah pedagang memanfaatkannya untuk berdagang. Berikut sekilas soal sejarah Dandangan.

Edy Supratno, sejarawan Kudus mengatakan, awal Dandangan bermula dari masyarakat yang menunggu pengumuman tanggal 1 Ramadan. Satu hari sebelum Ramadan tiba, masyarakat berkumpul  menunggu dimulainya bulan puasa.

“Berdasarkan sumber informasi di era itu, adalah Jakfar Shodiq selaku pemimpin Kudus (umaro) sekaligus ulama. Yang mana beliaulah yang menyuarakan dimulainya puasa Ramadan,” katanya kepada MuriaNewsCom, di Kudus, Senin (15/5/2017).

Adapun tempatnya, kata Edy adalah di masjid dan Menara Kudus. Masyarakat Kudus berkumpul di sekitarnya. Khusus untuk menunggu datangnya pengumuman awal puasa.

Menurut dia, tandanya berupa suara beduk yang ditabuh dari Menara. Dan tabuhan yang berbunyi dang dang dang itulah kemudian menjadi nama Dandangan. Yang dikenal sampai sekarang.

Lambat laun keramaian ini menjadi momentum yang dimanfaatkan pedagang untuk menggelar lapak jualan. Tradisi tersebut terus berlangsung sampai sekarang.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Film Produksi SMPN 1 Gubug Kembali Berjaya di Ajang Festival Film Grobogan

Selengkapnya →