Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

KPPU Heran Bawang Putih di Kudus Masih Mahal



Reporter:    /  @ 23:00:42  /  15 Mei 2017

    Print       Email

Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Saidah Sakwan (jilbab merah) saat bertanya kepada pedagang bawang putih, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Saidah Sakwan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Bitingan Kudus, Senin (15/5/2017). Dalam sidak tersebut, KPPU bingung dengan harga bawang putih yang masih tinggi.

Seorang pedagang besar bawang ditanya mengenai harga bawang putih yang dijual. Oleh pedagang yang menolak menyebutkan namanya itu menjelaskan menjual dengan harga Rp 56 ribu per kilogram.

“Dengan harga tersebut masih mahal ya, karena masih sangat tinggi. Meskipun, sebelumnya harga bawang putih mencapai angka Rp 60 ribu per kilogram,” kata Saidah usai melakukan sidak.

Menurut dia, bawang putih yang naik kini mirip kejadian beberapa tahun lalu. Saat itu, setelah tim melakukan penelusuran ditemukan adanya penimbunan bawang putih oleh sejumlah pihak yang ingin mencari keuntungan besar.

Saat itu, kata dia, 480 kontainer berisi bawang putih disimpan untuk kemudian dijual secara bertahap. Dan dalam jualannya tersebut, dimainkan harga, sehingga secara perlahan-lahan harga melambung.

Dia menjelaskan, idealnya harga bawang putih seharga Rp 28 ribu per kilogram. Dan disinilah peran pemerintah untuk campur tangan, lantaran 98 persen pasokan bawang putih dari importir. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pemerintah Desa Tlogitirto Grobogan Masukkan Program Droping Air Lewat APBDes

Selengkapnya →