Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Bus Zentrum Terbakar di Hutan Cabak Blora



   /  @ 18:41:50  /  15 Mei 2017

    Print       Email

Warga melihat bangkai bus yang terbakar di jalan di hutan Cabak Blora, Senin. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Blora – Kecelakaan tunggal terjadi di Kabupaten Blora. Adalah bus PO Zentrum K 1577 AP terbakar di jalan Blora- Cepu Km 15 di hutan Cabak Jiken, Blora, Senin (15/5/2017). Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Namun kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah.  

Keterangan sopir bus Adi Supriyanto,  kejadian bermula ketika bus berjalan dari arah Cepu menuju Jakarta. Saat sampai di pertengahan kawasan hutan Cabak, muncul asap dari bodi bagian belakang bus. Melihat kejadian tersebut, Adi langsung menghentikan bus untuk melihatnya. “Setelah saya lihat api sudah membakar bodi bus bagian belakang. Semua penumpang langsung saya suruh keluar semua. Alhamdulliah penumpang yang saya angkut di bus, selamat,” kata Adi di lokasi.

Dia menduga api akibat korsleting kabel bagian belakang bus. Sebab sebelum berangkat, dirinya bersama kondektur telah mengecek kondisi bus di Terminal Cepu. Hasilnya, kondisi bus baik. “Berangkat juga tidak ada firasat apa apa, ya ndak tau ini tiba tiba ada kabel yang korsleting,” imbuhnya.

Dari kejadian itu, api membakar semua bodi bus. Sebanyak lima orang penumpang bus berhasil menyelamatkan diri dengan berhamburan keluar dari bus. “Semua penumpang langsung keluar semua, ada sebagian barang yang dapat diselamatkan dan semua selamat,” ungkapnya.

Tak berapa lama kemudian, satu armada pemadam kebakaran dari Pertamina dan dua mobil pemadam kebakaran dari Blora tiba di lokasi. Petugas kepolisian, bersama Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran, bahu-membahu memadamkan kebakaran bus tersebut.  Api dapat dipadamkan sekitar satu setengah jam kemudian.

Kasat Lantas Polres Blora AKP Febriyani Aer melalui Kanit Laka Satlantas Polres Blora Aiptu Noorbadi mengatakan, kejadian ini murni dari kecelakaan tunggal yang di sebabkan oleh arus pendek dari dalam bodi bus. “Informasi menurut keterangan sopir bus, kejadian bermula dari api dari bodi bagian belakang bus. Tidak ada korban jiwa, semua penumpang bisa menyelamatkan diri,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau agar para sopir bus bisa lebih berhati-hati lagi saat akan menggunakan kendaraan yang dikendarai. Tidak hanya dari kelengkapan surat namun juga dari sejumlah kelayakan kendaraan. Kecelakaan berakibat arus lalu lintas menjadi tersendat. Polisi terpaksa memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalan.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pelaku Korupsi Tidak Bisa Dipandang dari Latar Belakangnya, Begini Penjelasannya

Selengkapnya →