Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Di Jepara, 19.441 Siswa Ikuti Ujian Sekolah Tingkat SD



Reporter:    /  @ 18:20:37  /  15 Mei 2017

    Print       Email

Beberapa pejabat dari Dinas Pendidikan Jepara meninjau pelaksanaan ujian di salah satu SD di Jepara. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak 19.441 murid SD dan MI mengikuti ujian sekolah. Tes akhir ini akan diselenggarakan hingga 17 Mei 2017.

“Sesuai dengan jadwal untuk hari pertama bahasa Indonesia, dilanjutkan matematika dan terakhir IPA,” ujar Kabid Sekolah Dasar (SD) Widodo BR, Senin (15/5/2017). 

Ia merinci, jumlah pengikut ujian terdiri dari siswa 10.142 dan siswi 9.299. Lebih lanjut, ia mengungkapkan tiga mapel yang diujikan merupakan pengganti setelah dihapusnya UN tingkat SD/MI. 

Sementara itu, dalam tinjauan hari pertama ujian, Plt Bupati Jepara Sholih mengatakan, agar siswa belajar sungguh-sungguh dalam ujian. Kendati, tahapan tersebut tak lagi dijadikan acuan utama kelulusan.

Dirinya juga menyoroti agar jangan sampai ada anak yang mengalami putus sekolah di tingkat dasar. “Wajar pendidikan dasar selama sembilan tahun wajib dilakukan,” ucapnya, saat peninjauan di SDN II Bulu dan SDN III Kuwasen.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Khusairi mengaku telah mengadakan pemantauan terhadap murid tak mampu. Hal itu untuk meminimalisasi jumlah siswa yang tak mengikuti ujian atau keluar sebelum berujian.

Hal itu dilakukan dengan memberikan berbagai kemudahan termasuk pemberian keringanan biaya. “Seluruh penyelenggaraan diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses ujian tersebut, sehingga hasil yang didapat semakin baik,” pungkas Khusairi. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →