Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Arak-arakan Lampion Meriahkan Festival Baratan Pesisiran di Ujungbatu Jepara



Reporter:    /  @ 10:54:47  /  13 Mei 2017

    Print       Email

Festival Baratan Pesisiran warga Kelurahan Ujungbatu, Jumat (12/5/2017) malam. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Festival Baratan Pesisiran digelar oleh warga Kelurahan Ujungbatu, Jepara, Jumat (12/5/2017) malam. Acara itu diselenggarakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadan.

Dimulai pukul 20.00 WIB, acara itu dimeriahkan arak-arakan lampion berbagai bentuk, yang mewakili bentuk hewan laut seperti ikan, udang, ubur-ubur hingga kerang. Uniknya, sebelum memulai arak-arakan, lampu penerang jalan yang menerangi lokasi tersebut sengaja dipadamkan. Praktis cahaya yang terlihat hanya dari lampion.

“Acara ini diikuti perwakilan setiap warga dari 16 RT ditambah satu peserta dari masjid setempat,” ujar Anwarul Jamal Ketua Panitia Festival Baratan 2017.

Menurut Jamal, acara tersebut sengaja digelar untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Dari sisi biaya, dirinya menyebut seluruhnya berasal dari swadaya masyarakat.

“Tujuannya untuk mengingatkan masyarakat bahwa bulan Ramadan sudah dekat. Untuk lampu penerangan jalan sengaja dimatikan selama acara, agar suasananya gelap dan mirip dengan masa lalu, sewaktu di mana obor menjadi sumber cahaya,” imbuhnya.

Festival Baratan Pesisiran warga Kelurahan Ujungbatu, Jumat (12/5/2017) malam. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

Terkait bentuk lampion yang berbentuk hewan laut, Jamal mengatakan hal itu mewakili kebanyakan warga Ujung Batu yang bekerja sebagai nelayan. Selain itu, wilayah tersebut dulunya merupakan laut.  

Anis, warga setempat mengaku senang bisa melihat acara tersebut. Lantaran acara yang digelar setahun sekali itu menampilkan banyak atraksi kreatif.

“Ya bagus sekali karena kegiatan ini diadakan setahun sekali. Selain itu, acara ini bertepatan dengan malam Nifsyu Sya’ban menjelang Ramadan. Harapannya lebih bersemangat menyambut bulan suci,” paparnya. (*)

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Catatan yang Muncul dalam Evaluasi Penggunaan ADD 2017 di Grobogan

Selengkapnya →