Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Bupati Pati Tegaskan Pungli di Sekolah Diberantas



Reporter:    /  @ 20:10:35  /  12 Mei 2017

    Print       Email

Bupati Pati Haryanto (tengah) menyematkan pin kepada Tim Saber Pungli Kabupaten Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Bupati Pati Haryanto menegaskan akan memberantas setiap tindakan pungutan liar (pungli) di setiap organisasi perangkat daerah (OPD), termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang membawahi ribuan sekolah di Kabupaten Pati.

Penegasan itu untuk menciptakan Kabupaten Pati yang bebas korupsi dan pungli. Bahkan, pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sudah membentuk Tim Saber Pungli khusus menangani persoalan korupsi dan pungli di Kabupaten Pati.

Ditanya soal isu pungli di sekolah, Haryanto mengaku sudah mengumpulkan seluruh kepala sekolah di Kabupaten Pati untuk tidak melakukan pungli. Adapun soal iuran, kepala sekolah diminta untuk melakukan komunikasi dengan wali murid yang terwadahi dalam komite sekolah.

“Saya baru saja mengumpulkan kepala sekolah. Ternyata ada sedikit kesalahpahaman. Pungutan itu beda dengan swadaya. Kalau pungutan itu tanpa sepengetahuan orang tua. Ini sebagian besar yang dilaporkan, sudah ada musyawarah mufakat sesuai dengan kemampuan orang tua,” ucap Haryanto, Jumat (12/5/2017).

Menurutnya, iuran swadaya dari wali murid harus jelas kegunaannya dan disepakati melalui musyawarah mufakat. Kebutuhan riil digunakan untuk apa juga harus dipertanggungjawabkan dengan baik.

Bila uang dari iuran swadaya ternyata tidak bisa dibuktikan dengan laporan pertanggungjawaban dan terbukti mengada-ada, hal itu yang menurut Haryanto disebut dengan pungli. Karena itu, pihaknya meminta kepada Tim Saber Pungli dan masyarakat untuk proaktif memantau sekolah.

Hanya saja, pihaknya meminta agar laporan tentang adanya pungli tidak untuk mencari kesalahan, tetapi sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang benar-benar bebas pungli demi kemajuan pendidikan di Kabupaten Pati. Dia berharap, pengawasan sekolah terkait adanya pungli dapat menciptakan kemajuan di lingkungan pendidikan.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →