Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini
Festival 1000 Motor-motoran dan Lampion (8)

Begini Kemeriahan Tradisi Baratan Desa Sidorekso Kaliwungu Kudus



   /  @ 22:17:26  /  11 Mei 2017

    Print       Email

Panitia kegiatan tradisi Baratan di sela-sela kegiatan tradisi Baratan bertajuk Festival 1000 Motor-motoran dan Lampion di Sidorekso. (MuriaNewsCom/Akrom Hazami)

MuriaNewsCom, Kudus  –  Pemerintah Desa Sidorekso, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, bersama Karang Taruna Bahurekso sukses menggelar tradisi Baratan bertajuk Festival 1000 Motor-motoran dan Lampion di lapangan SD 1 Sidorekso, Kamis (11/5/2017) malam. 

Kepala Desa Sidorekso Mochamad Arifin mengatakan pihaknya memang menggiatkan tradisi Baratan. Setelah sebelumnya dia melihat tradisi terancam ditinggalkan.

“Saya mengajak karang taruna untuk menggiatkan tradisi. Makanya digelar Festival 1000 Motor-motoran dan Lampion,” katanya di lokasi. 

Malam ini, kata dia, adalah bentuk nyata kegiatan yang mereka gagas. Meski diakuinya, jika budaya Baratan adalah salah satu tradisi dari Kalinyamatan Jepara.

Dulunya, kegiatan dilakukan dengan keliling desa pakai oncor. Tapi tahun ini pakai lampion dan motor- motoran. 

Tujuan kegiatan selain nguri-nguri kebudayaan, juga mengajak masyarakat menyadari pentingnya kebudayaan, serta membangkitkan ketrampilan pembuat lampion dan motor-motoran.

Editor : Akrom Hazami 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Ini Identitas Pemotor Tewas pada Kecelakaan di Jalan Inspeksi Bendung Klambu Grobogan 

Selengkapnya →