Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Ini Komentar Warga Jepara Tentang Film Kartini



Reporter:    /  @ 14:30:49  /  11 Mei 2017

    Print       Email

Suasana saat pemutaran film Kartini di Gedung Wanita Jepara, Kamis (11/5/2017). (MuriNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Film bertajuk “Kartini” besutan Hanung Bramantyo diputar di Gedung Wanita Jepara, Kamis (11/5/2017). Apresiasi banyak diberikan kepada film ini, namun tak sedikit pula yang mengkritik film tersebut.

Seperti Susi yang mengatakan film tersebut kurang memiliki ‘rasa’ Jepara. Baginya, beberapa setting lokasi tidak mencerminkan kabupaten yang ada di utara Pulau Jawa itu.

“Ini Jogja banget, rasa Jepara gak ada, ya kalaupun ada sedikit. Menurut saya, setingnya yang kurang meskipun di beberapa tempat diwakili ukir dan sebagainya. Tapi bentuk bangunannya dan tempatnya itu yang berbeda,” ucapnya, seusai menonton film tersebut. 

Namun dari segi cerita, ia mengatakan, film tersebut mengangkat sisi heroik Kartini yang jarang diketahui oleh orang. “Ini mengangkat sisi heroiknya, namun untuk kenakalan-kenakalannya terlalu didramatisir,” imbuhnya.

Penonton lain, Candra mengaku senang setelah melihat film tersebut. Baginya, Kartini menginspirasi dirinya, untuk menjadi perempuan yang mandiri.

“Ya bagus sih memang perempuan harus seperti itu (berjuang). Tapi baru tahu kalau kartini kayak Slengekan gitu saya juga baru tahu,” tuturnya.

Sementara itu Bella (17) mengaku bangga setelah melihat film tersebut. “Saya suka adegan terakhir, karena buat saya perempuan punya posisi tawar,” tandasnya.

Sementara itu Hanung Bramantyo dalam sambutannya mengaku berterima kasih akan sambutan dari penonton Jepara. Baginya sosok Kartini merupakan sosok inspiratif. “Untuk kemajuan indonesia bangga memiliki sosok kartini,” ucapnya.

Terkait setting, Hanung mengakui hal itu. “Maaf bila lokasi tidak mengambil tempat di Jepara. Karena sekarang pendapa sudah menggunakan marmer, tidak bisa saya membongkarnya,” tutup Hanung. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Film Produksi SMPN 1 Gubug Kembali Berjaya di Ajang Festival Film Grobogan

Selengkapnya →