Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Tekan Pengangguran di Pati, Kartina Sukawati Gencarkan Sosialiasi Peluang Kerja



Reporter:    /  @ 18:00:46  /  9 Mei 2017

    Print       Email

Anggota Komisi D DPRD Jateng Kartina Sukawati (biru) memberikan sosialiasi peluang kerja di Balai Desa Kutoharjo, Pati, Selasa (9/5/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Kartina Sukawati menggandeng Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati menggelar sosialisasi peluang kerja di Balai Desa Kutoharjo, Pati, Selasa (9/5/2017).

Sedikitnya seratus peserta dari kalangan pemuda mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mendengarkan berbagai peluang kerja dari dalam maupun luar negeri, termasuk tips menghindari penipuan berkedok lowongan kerja yang marak terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Kartina mengatakan, kegiatan tersebut sengaja digencarkan untuk memberikan pemahaman peluang kerja bagi pemuda yang lulus sekolah menengah atas (SMA) maupun sarjana. Dengan pemahaman yang baik tentang peluang kerja, dia berharap bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pati.

“Terkadang banyaknya pengangguran bukan disebabkan minimnya lowongan kerja. Dalam beberapa studi, pengangguran disebabkan minimnya akses informasi peluang kerja yang ada. Ini yang akan kita buka untuk para pemuda di Kabupaten Pati biar punya wawasan yang luas,” ujar Kartina.

Menurutnya, peluang kerja tidak harus berasal dari lowongan kerja. Namun, peluang kerja bisa diciptakan dari diri sendiri dengan memanfaatkan keterampilan, termasuk wirausaha.

Selain itu, peluang kerja juga bisa datang dari luar negeri. Dengan menjadi tenaga kerja di luar negeri, seseorang akan mampu mendatangkan devisa untuk negara.

“Peluang kerja itu banyak, bisa lowongan kerja di dalam negeri, luar negeri atau memanfaatkan skill sendiri untuk membuka usaha. Semuanya bisa dilakukan untuk menekan angka pengangguran yang imbasnya dapat mengurangi tingkat kemiskinan,” imbuh Kartina.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Pati Indri Nugraheni menyarankan kepada para pemuda untuk berhati-hati melamar lowongan kerja. Pasalnya, saat ini banyak penipuan berkedok lowongan kerja.

“Jangan terburu-buru melamar lowongan kerja, cek dulu eksistensi perusahaan. Jangan mau kalau diminta uang. Kalau ada kontak perusahaan atau email, cek dulu benar apa tidak. Jangan-jangan nanti diarahkan ke nomor atau email yang digunakan untuk menipu,” imbaunya.

Intan, salah satu peserta asal Pati Kota mengaku ikut sosialiasasi tersebut untuk mengetahui peluang kerja. Sebab, dia baru saja lulus dari salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di Pati. Dia berharap mendapatkan pencerahan terkait peluang kerja seusai lulus sekolah.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Punya IMB, Pemilik Kos di Kawasan Kampus UMK Dipanggil Satpol PP

Selengkapnya →