Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pasukan Lampion Hingga Pasukan Kalinyamat Bakal Meriahkan Pesta Baratan di Jepara



Reporter:    /  @ 14:30:54  /  9 Mei 2017

    Print       Email

Suasana latihan jelang acara pesta baratan 2017, Selasa (9/5/2017). (Istimewa)

MuriaNewsCom, Jepara – Acara Pesta Baratan 2017 di Jepara, akan digelar Rabu (10/5/2017) malam. Dalam acara itu, akan ada arak-arakan dari Masjid Al-Makmur Kriyan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, dengan membawa impes atau lampion.

Andhyka Failasufa Yusuf,  ketua panitia dari Sanggar Lembayung mengatakan, arak-arakan impes akan dimulai bakda Isya atau 19.30 WIB. Acara itu rencananya diikuti ratusan orang.

“Akan ada sekitar 150 orang yang ikut dalam arak-arakan tersebut. Mulai dari Masjid Al-Makmur Kriyan dan berakhir di lapangan yang ada di sebelah kantor UPT Dinas Dikpora,” ujarnya, Selasa (9/5/2017).

Ia mengatakan, arak-arakan akan diikuti oleh barisan Ratu Dayang, Penari Tayub, Arya Penangsang, Pasukan Kalinyamat, Pasukan Lampion, Penabur bunga, Wali Kutub, Pembawa Puli dan pasukan obor. 

Menurutnya, acara itu sebagai ajang melestarikan tradisi yang telah berlangsung bertahun-tahun. Di samping itu, kegiatan tersebut bermaksud mengingatkan para warga, bahwa bulan suci Ramadan telah dekat. 

“Selain itu, kita juga ingin melestarikan lampion tradisional yakni impes. Hal itu karena saat ini jumlah perajinnya sudah sedikit, dan minat pembelian terhadapnya sudah mulai berkurang,” imbuhnya.

Dirinya memaparkan, selain arak-arakan akan adapula aksi teatrikal, yang dimainkan oleh Sanggar Lembayung. 

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Tak Punya IMB, Pemilik Kos di Kawasan Kampus UMK Dipanggil Satpol PP

Selengkapnya →