Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Pohon Dominasi Gangguan Listrik di Kudus



Reporter:    /  @ 16:56:55  /  9 Mei 2017

    Print       Email

Manager PLN Rayon Kudus Kota Sunoto saat menjelaskan tentang gangguan listrik di Omah Mode Kudus, Selasa (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Hingga 2017 ini, gangguan listrik PT PLN (Persero) Kudus masih didominasi oleh faktor alam. Yakni gangguan akibat adanya pepohonan yang mengganggu jaringan listrik.

Humas PT PLN (Persero) Kudus Muhdam Azhar, mengatakan kalau faktor alam berupa pohon masih menduduki peringkat tertinggi gangguan listrik.

“Faktor pohon masih tinggi. Itu terjadi tak hanya di kawasan perkotaan saja, namun juga dari kawasan pedesaan. Jadi menyeluruh di seluruh wilayah Kudus,” kata Azhar saat kegiatan Stake Holder Gathering di Omah Mode Kudus, Selasa (9/5/2017).

Menurut dia, faktor lain yang juga menjadi faktor gangguan lainnya adalah tiang roboh, angin kencang, hujan lebat, gangguan layang-layang hingga gangguan dari pihak ketiga. Meskipun, beberapa lainya juga ada hal yang belum diketahui penyebabnya.

Dikatakan, pohon yang bergesekan membuat kabel milik PLN putus, itu sering terjadi pada musim kemarau seperti sekarang ini.  Selain itu, burung juga sering membuat jaringan terganggu.

Agar gangguan yang terjadi tidak melampaui batas maksimal, pihaknya juga melakukan sejumlah upaya. Mulai dari perambasan dahan pohon yang diperkirakan berpotensi mengganggu jaringan listrik, hingga memasang paralon di kabel jaringan listrik.

Manager PLN Rayon Kudus Kota Sunoto mengatakan, faktor adanya pemadaman terbagi jadi dua hal. Yaitu faktor terencana dan gangguan. Untuk terencana, terbagi lagi tiga faktor yang meliputi keandalan, pembuatan jaringan baru dan keselamatan.

“Sedangkan untuk gangguan ada internal dan eksternal. Internal seperti tiang roboh, gardu dan lainya. Sementara eksternal ada pohon, angin kencang, gangguan hewan dan sebagainya,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Pemkab Kudus Anggap Kenaikan Harga Jelang Akhir Tahun Wajar

Selengkapnya →