Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

16 Calon Jemaah Haji Grobogan Tidak Lunasi BPIH 2017, Ini Alasannya



Reporter:    /  @ 13:50:04  /  8 Mei 2017

    Print       Email

Dua orang calon jemaah haji Grobogan sedang menyelesaikan proses administrasi BPIH. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebanyak 16 orang calon jemaah haji (CJH) Grobogan tahun 2017 tertunda keberangkatannya. Sebab, mereka tak melakukan pembayaran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2017 sampai batas akhir pelunasan, 5 Mei lalu.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Grobogan Hambali.  Ditemui di kantornya, Hambali menuturkan, total CJH Grobogan yang tercatat dalam data Siskohat ada 977 orang. Dari jumlah tersebut, ada 16 orang yang tidak melunasi BPIH. Angka BPIH tahun 2017 yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 35.664.700.

Dari 16 orang yang tidak melunasi BPIH, ada 2 orang yang mundur permanen karena kondisi kesehatan. Kemudian, 6 orang memilih menunda keberangakatan pada tahun berikutnya karena tidak bisa berangkat bersama mahramnya.

“Ada juga yang menunda karena kondisinya sedang hamil. Kemudian, beberapa orang lainnya beralasan belum siap dananya karena seharusnya berangkat tahun 2018. Tetapi karena ada penambahan kuota, jadwal keberangkatan mereka ini maju tahun 2017 ini,” jelasnya.

Disinggung soal proses pembuatan paspor, Hambali menegaskan, tidak mengalami hambatan. Mereka yang masuk dalam daftar keberangkatan tahun 2017, sudah selesai mengikuti proses pembuatan paspor.

Proses pembuatan paspor dilangsungkan di Kantor Imigrasi Semarang dan Unit Layanan Paspor di gedung HSBC Semarang. Pembuatan paspor dilakukan bergiliran dengan CJH kabupaten lain di wilayah eks Keresidenan Semarang.

“Proses pembuatan paspor baru sudah dimulai awal Februari lalu. Sejauh ini tidak ada kendala dalam urusan paspor,” jelasnya.

Menurut Hambali, jumlah CJH dari Grobogan sesuai porsi keberangkatan tahun ini sebanyak 977 orang. Jumlah CJH ini ada penambahan sekitar 250 orang seiring adanya tambahan kuota haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →