Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Nihil Penindakan, Ini Kata Ketua Tim Saber Pungli Rembang



Reporter:    /  @ 11:12:09  /  6 Mei 2017

    Print       Email

Kompol Pranandya Subyakto, Ketua Tim Saber Pungli Kabupaten Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Meski sudah terbentuk sejak akhir tahun 2016 lalu, namun hingga saat ini Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Rembang, masih belum menunjukkan performanya.

Bahkan, satu nama pun tidak pernah disebut oleh Saber Pungli  terkait dugaan praktik pungutan liar (pungli) di wilayah Kabupaten Rembang.

Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Kompol Pranandya Subiyakto mengutarakan, bahwa selama ini timnya telah mengantongi sejumlah nama. Namun saat akan melakukan tangkap tangan terhadap pelaku, seringkali yang bersangkutan kabur.

Ia menilai, ada sejumlah kendala lain penyebab pasifnya Saber Pungli selama ini, yaitu lantaran barang bukti yang tidak cukup kuat. Sehingga, pihaknya mengaku perlu untuk segera merumuskan cara dalam penggalian barang bukti.

“Laporan yang masuk sudah cukup banyak. Namun, kita dalam melaksanakan tugas tidak bisa serta merta langsung melakukan tangkap tangan hanya berdasarkan laporan yang masuk. Perlu alat bukti yang memadai, dan itulah yang kami akui menjadi kendala kami,” akunya.

Ia melanjutkan, kelompok kerja (Pokja) intelijen saat ini terus melakukan penyelidikan terhadap dugaan pungli di sejumlah instansi ataupun lembaga. Tinggal menunggu waktu untuk bisa segera mengungkap satu nama pelaku praktik pungli.

“Kemarin kami hampir saja melakukan tangkap tangan, namun kemungkinan pelaku mengenali tim kami, sehingga dia langsung kabur,” bebernya.

Sementara itu, ia juga berharap adanya kerja sama lintas sektoral yang bisa terjalin baik. Sehingga nantinya bisa terwujud transparansi dari pihak atasan, sehingga bisa menuntun Tim Saber Pungli dalam melakukan tangkap tangan terhadap pelaku.

“Sayangnya di Rembang ini, sejumlah instansi masih terkesan tertutup. Mungkin saja mereka juga tidak ingin nama instansinya muncul pertama dalam kasus penangkapan praktik pungli di Rembang,” ucapnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Fasbuk Siap Lantunkan Kedamaian Lewat Sastra

Selengkapnya →