Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Sulitnya Memenuhi Kebutuhan Bibit Lele di Kudus



Reporter:    /  @ 17:04:20  /  5 Mei 2017

    Print       Email

Direktur PT Saka Dwipa Agro, Umar Ali saat memperlihatkan lokasi pembibitan lele di tempat kerjanya. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Para pengusaha budi daya lele di Kudus tergolong banyak. Namun kebutuhan akan bibit lele di Kudus bahkan Jateng masih sangat minim. Satu dari perusahaan yang bergerak dalam bidang budi daya bibit lele adalah PT Saka Dwipa Agro. Perusahaan pembibitan lele itu berlokasi di Desa Gondosari, Gebog. Dalam menjalankan bisnis tersebut, pemilik harus memutar-mutar otak agar mendapatkan benih yang berkualitas unggul.

Direktur PT Saka Dwipa Agro, Umar Ali mengatakan kebutuhan bibit lele, terlebih yang unggul sangat jarang. Untuk itulah perusahaannya melakukan eksperimen untuk menghasilkan bibit lele yang unggul dan berkualitas.

“Kami eksperimen selama enam bulan lamanya, dan sebenarnya ini masih berjalan lantaran masih belum bisa memenuhi permintaan pasar dari pengusaha besar lele,” kata Umar di ruang kerjanya, Jumat (5/5/2017).

Menurut dia, pesanan kebutuhan akan bibit lele mencapai 20 juta ekor lele tiap bulannya. Jumlah permintaan tersebut dari wilayah Jateng dan sekitarnya. Sedangkan, rata-rata yang mampu dipenuhinya hanya kisaran tiga juta bibit lele.

Kepala Riset and Development/ R&D PT Saka Dwipa Agro, Muslim mengatakan di perusahaannya ada 50 pasang lele indukan. Lele indukan tersebut dari jenis Sangkuriang, Piton dan jenis lele yang tergolong baru, Mutiara.

“Kebutuhan akan lele cukup rumit, mulai dari kandungan airnya hingga pakannya. Jika kandungan air kurang, maka lele kurang sehat atau malah mati. Dan soal nutrisi juga harus sesuai,” ujarnya.

Dalam menyuplai bibit lele, yang paling riskan adalah pada dua pekan pertama semenjak menetas. Pada waktu itu cukup riskan lantaran bibit lele mudah mati. Di perusahaan tersebut, untuk satu ekor lele ukuran 5-7 cm dijual dengan harga Rp 125 ribu.

Untuk mendapatkan lele ukuran tersebut membutuhkan waktu sampai dengan 40 hari lamanya. Selama waktu itu, bibit juga harus diawasi.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Panggil DPN APTRI, KPPU Tindak Lanjuti Dugaan Monopoli Gula yang Dilakukan Bulog

Selengkapnya →