Loading...
You are here:  Home  >  Info Muria  >  Artikel ini

Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK, Ratusan Warga Lahar Pati Bersihkan Jalan dan Pasar



Reporter:    /  @ 14:40:25  /  5 Mei 2017

    Print       Email

Warga Lahar bersama pejabat, polisi dan TNI membersihkan jalan setempat untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, Jumat (5/5/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Lebih dari 200 warga Desa Lahar, Kecamatan Tlogowungu, Pati, gotong-royong membersihkan bahu jalan Desa Lahar dan pasar setempat, Jumat (5/5/2017). Kegiatan itu untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya anggota Muspika Tlogowungu seperti camat, kapolsek dan danramil, Kepala Bapermades Pati Muhtar, serta tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kemendes Pati Muhid.

Muhtar mengatakan, kegiatan gotong-royong yang diadakan Desa Lahar menjadi salah satu bentuk untuk menggebrak tradisi dan budaya leluhur bangsa, yaitu gotong-royong. Pasalnya, tradisi gotong-royong sudah mulai hilang dari manusia modern dalam beberapa tahun terakhir.

Orang modern lebih menekankan pada upah di setiap kerja yang dapat mengikis semangat gotong-royong masyarakat. Padahal, menurut dia, ada saat di mana sebuah kerja mendapatkan upah. Ada pula saat di mana gotong-royong digalakkan untuk kepentingan bersama, sekaligus memupuk semangat persatuan dan persaudaraan.

Karena itu, dia memberikan apresiasi kepada warga Desa Lahar yang sudah mempelopori, menggebrak kembali semangat gotong-royong di tengah-tengah masyarakat. “Gerakan ini perlu dicontoh kepada semua masyarakat pedesaan maupun perumahan di Kabupaten Pati,” imbau Muhtar.

Camat Tlogowungu Didik Rusdiartono menambahkan, gerakan gotong-royong warga Lahar akan dijadikan sebagai model untuk membangkitkan kembali semangat gotong-royong di desa-desa di Kecamatan Tlogowungu. Kendati sederhana, kegiatan tersebut diakui bisa meningkatkan kekompakan, kerukunan dan semangat membangun desa.

Adapun sasaran gebrak gotong-royong yang diikuti ratusan warga Desa Lahar, antara lain pembersihan bahu jalan yang menghubungkan Lahar dan Gunungsari. Mereka juga membersihkan Pasar Lahar yang menjadi salah satu penopang ekonomi lokal di Desa Lahar.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Kosek Kos-kosan dan Penginapan, 9 Pasangan Mesum di Grobogan Terjaring

Selengkapnya →